Berkontribusi Positif, Pemerintah Beri Penghargaan 14 Perempuan Inspiratif

KILATNUSANTARA.COM, Jakarta: Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga menyerahkan penghargaan kepada 14 perempuan inspiratif. Mereka adalah perempuan-perempuan yang telah memberikan kontribusi positif di berbagai bidang pada ajang Gatra Citra Perempuan Indonesia (GCPI) Awards 2024.

Menteri Bintang menyampaikan, kegiatan ini mempunyai pesan utama yaitu upaya memberikan inspirasi. Memberikan inspirasi kepada perempuan dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap persepsi, kedudukan dan peran perempuan.

“Banyak sekali perempuan Indonesia yang mempunyai kesadaran dan keinginan untuk maju. Namun impian perempuan seringkali tertutupi oleh pemahaman budaya dan rentan terhadap kekerasan, kata Menteri Bintang dalam keterangannya, seperti dikutip rri.co.id, Kamis (6/6/2024).

Empat belas perempuan inspiratif yang mampu menerima Gatra Citra Perempuan Indonesia (Foto: Kementerian PPPA/ist)

“Para perempuan inspiratif ini sebenarnya punya kekuatan untuk membujuk perempuan lain. “Perempuan menginspirasi perempuan,” kata Menteri PPPA.

Menteri Bintang juga menyampaikan apresiasinya kepada pendiri dan Ketua Umum Yayasan Duta Indonesia Maju, Lisa Ayodhya. Lisa memprakarsai acara ini untuk mendorong, mempromosikan dan menjangkau wanita-wanita berbakat.

Penghargaan ini diprakarsai oleh Kementerian PPPA dan didukung oleh Gatra Media Group dan Yayasan Duta Indonesia Maju. Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi atas kerja baik perempuan dalam diplomasi seni dan budaya menuju agribisnis.

“Kami berharap penghargaan ini dapat terus menarik lebih banyak perempuan inspiratif dan memperkuat solidaritas antar perempuan.” “Kami berharap apa yang telah dilakukan dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk mewujudkan kesetaraan dan keadilan khususnya bagi perempuan,” kata Menteri Bintang

Penerima Penghargaan Gatra Citra Perempuan Indonesia (GCPI) 2024 dibagi dalam beberapa kategori.

1. Kategori Penghargaan Adhi Bhakti Krama Pertiwi atas dampak lingkungannya yaitu: Ala Alatas, Jeannie Kurniawan dan Meiline Ternadi.

2. Kategori Seni Diplomasi Adhi Bhakti Karya Citra (Seni Rupa) yaitu Dr. Anna Sungkar.

3. Kategori penerima Adhi Bhakti Karya Usadha atas pengaruhnya dalam dunia kesehatan yaitu : Psikolog Dra. A. Cassandra Putranto, Ph.D. Wennie Tan, FINEM dan Dr. Vidya Rahayu Arini Putri.

4. Kategori Adhi Bhakti Handayani atas prestasinya dalam menanamkan nilai-nilai nasionalisme yaitu Ir. Lenivati, B.Sc.

5. Adhi Bhakti Karya Niaga Kategori Kemajuan Bidang Usaha Agri yaitu Lucy Tedjasukmana.

6. Kategori Busana Adi Bhakti Kriya yang sukses di bidang fashion adalah Nila Baharuddin.

7. Kategori Inovasi dan Pengembangan Kecantikan Adhi Bhakti Prana Anindya yaitu Nita Puspa Sari.

8. Kategori Adi Bhakti Nawasena yang aktif memberikan motivasi masa depan cerah adalah Paula Fransiska.

9. Adhi Bhakti Prana Kategori Niaga, Pendidikan, Sosial dan Kemanusiaan atas semangat dan prestasinya dalam pembangunan ekonomi, pendidikan, sosial dan kemanusiaan yaitu Ir. Hj. Nur Saada.


Tinggalkan Balasan