Sepanjang 2024, Puskesmas Sumurbatu Bekasi Tangani 22 Persalinan

KILATNUSANTARA.COM, Bekasi: Sejak Januari hingga Mei 2024, Puskesmas Kota Sumurbatu Kota Bekasi berhasil menangani 22 kelahiran. Keberhasilan tersebut tidak lepas dari banyaknya program ibu hamil yang telah dilaksanakan selama ini.

Kepala Puskesmas Sumurbatu Mamah Hermawati mengatakan, program bagi ibu hamil di Puskesmas Sumurbatu beragam. Mulai dari senam ibu hamil, penempatan bidan daerah, dan grup whatsapp ibu hamil.

Ia menjelaskan, semua program berperan besar terhadap kondisi ibu hamil. Termasuk berpengaruh besar terhadap keberhasilan proses melahirkan.

“Kami merupakan puskesmas yang memberikan pelayanan persalinan 24 jam. Ada beberapa program ibu hamil yang kami jalankan dan sejauh ini berjalan baik sesuai harapan,” kata Hermavati saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (11/6/2024).

Ia menambahkan, selama ini ibu hamil merasa terdukung dengan program yang ada. Salah satunya adalah tersedianya bidan daerah dan juga grup WhatsApp untuk ibu hamil.

“Ibu hamil bisa segera berkonsultasi mengenai kondisi kehamilannya langsung ke bidan daerah atau melalui grup WhatsApp. Bahkan ketika para ibu hendak melahirkan, mereka cukup menginformasikan ke Puskesmas melalui kelompok tersebut,” kata Hermavati.

Puskesmas Sumurbatu juga terus berupaya memberikan edukasi kepada masyarakat tentang kehamilan. Mulai dari sebelum hamil, saat hamil, dan pasca hamil.

“Edukasi kehamilan itu penting, sehingga kami terus melakukannya melalui bidan daerah dan grup WhatsApp. Kami juga tetap menganjurkan agar setiap persalinan dilakukan di fasilitas kesehatan untuk menjamin keselamatan ibu dan anak,” ujarnya di akhir perbincangan.


Tinggalkan Balasan