Kwarran Purwokerto Utara Jadi Pioner Kursus Orientasi Singkat

Banyumas // kilatnusantara.com

Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Banyumas Agus Nur Hadie mengatakan Kwartir Ranting (Kwarran) Purwokerto Utara menjadi Kwarran yang pertama menggelar Kursus Orientasi Singkat (KOS) sejak kepemimpinannya. Hal tersebut disampaikan saat membuka Kursus Orientasi Singkat yang diikuti oleh Mabigus, Mabikel, Pamong Saka, dan Para Pembina di Kwarran Purwokerto Utara, Sabtu 8 Oktober 2022 di Aula Kelurahan Purwanegara, Purwokerto Utara. Meski suasana tampak mendung dan diikuti rintik hujan, namun para peserta tampak semangat mengikuti kegiatan.

“Kwarran Purwokerta Utara telah menjadi Pioner penyelenggara kegiatan KOS. Kami Kwarcab Banyumas merasa sangat bangga. Hal ini sejalan dengan program peningkatan kapasitas dan kualitas para Mabigus dan Pembina. Kami dorong masing-masing Kwarran dan Gudep di Kwarcab Banyumas untuk bisa menjalankan KOS seperti Kwarran Purwokerto Utara. Satu yang terpenting adalah Output kegiatan.

Harus ada peningkatan pemahaman, peningkatan kapasitas, dan saling menularkan ilmu yang didapat hari ini kepada pada rekan dan peserta didik di pangkalan masing-masing” ucap Agus Nur Hadie.

Sementara itu Ketua Kwarran Purwokerto Utara Darinah, M.Pd mengatakan dalam penyelenggaraan kegiatan KOS, pihaknya menggandeng para pelatih dari Pusdiklatcab Kwarcab Banyumas antara lain Slamet, M.Pd, Heri Supriyatno, M.Pd, Retno Sri Lestari, S.Pd dan Joko Wahyanto, S.Pd. Selain itu, Abdul Kafi, S.Pd, Nella Puspita Dwianawati, S.Pd.SD dan Arif Nur Hidayat, S.Pd juga turut menjadi fasilitator kegiatan.

“Muatan materi yang disampaikan pada KOS meliputi Fundamental Gerakan Pramuka Penguatan tentang tujuan Gerakan Pramuka dan cara pencapaian tujuan; Undang – undang Gerakan Pramuka, Kebijakan Gerakan Pramuka; Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan; Peran, Tugas dan Fungsi Anggota Dewasa dalam Gerakan Pramuka. Dengan pembawaan yang menyenangkan, santai namun tertib, menambah antusiasme semua peserta mengikuti acara hingga akhir,” jelasnya

Ketua Kwarran juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada seluruh elemen yang telah menyukseskan kegiatan KOS.

“Mudah-mudahan para Mabi dan Pembina yang terjun langsung di setiap Gudep bisa mentransfer ilmu dan menerapkannya kepada ananda binaannya,” lanjutnya

Sedangkan Ketua Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) Agus Anggraito AP, M.Si menuturkan bahwa Prinsip pembinaan Pramuka, khususnya di wilayah binaan Kwarran Purwokerto Utara, dapat melahirkan generasi yang baik, religius, nasionalis, saling berjalan sinergis mengikuti alur pembinaan dari Kwarnas, Kwarda, Kwarcab, hingga gugus depan. Sejalan dengan moto Kwarran Purwokerto Utara “Bersama, Kita, Bisa!!”

( Arif KN )

Exit mobile version