UPTD PSDKP Kabupaten Butur Berdiam Diri Dengan Marak Penangkapan Ikan Secara Ilegal Fishing, Destructive Fishing

Buton Utara // kilatnusantara.com

La ode Hermawan, SH yang bergerak di Lembaga pemerhati Infrastruktur dan Korupsi menyeruhkan kepada Pemda Butur, Polres Buton Utara dan Kodim 1429 Buton utara untuk segera melakukan tindakan tegas terhadap manusia – manusia yang tidak bertanggung jawab melakukan pemboman ikan di pesisir pantai Utara Kec. Kulisusu Utara Kab. Butur dan peristiwa ini sudah berjalan dua hari bagaikan perang bar – bar yang tak terkendali seolah – olah negeri ini sudah tidak ada yang mengurusnya sehingga pembiaran pemboman ikan sesuka hatinya, dilain sisi para pemangku kebijakan hanya sibuk dengan giat rutinitas dan kadang hanya berorientasi kpd kepentingan personnya tanpa memperhatikan peristiwa yang terjadi di sekitarnya, lingkungannya dan saya hawatir dengan melupakan tugas tanggung jawabnya akan ada kutukan Alam.

KilatNusantara – Mawan kata sapaan, mengingatkan kepada para pejabat Buton Utara, kalau masyarakat sudah muak dan mencapai puncaknya maka akan ada gelombang kekuatan masyarakat yang akan menghantam kewenangan para pejabat Butur, karena dalam pengamatannya tata kelola pemerintahan dibutur sudah tidak jelas berganti Pimpinan sama saja, arahnya hanya sibuk mengurusi dirinya tanpa memperhatikan tugas tanggung jawabnya, termasuk Anggota Legislatis Dapil 2 tidak ada suara yang berpihak kepada kepentingan masyarkat.

Kilatnusantara- penangkapan ikan secara ilegal (illegal fishing), dengan cara-cara yang merusak (destructive fishing) sudah berjalan lama di wilayah Buton Utara dan masyarakat sudah letih berteriak, Sebab Kegiatan ini juga dapat menyebabkan kerugian yang besar terutama terhadap kelestarian ekosistem perairan yang ada di wilayah Butur.

Mawan dengan tegas mengatakan kepada wartawan nasional Pemda Butur terutama Dinas perikanan lakukan koordinasi dengan instansi terkait untuk bertindak mencegah bom ikan yang marak ini jangan hanya sibuk urusan bagi – bagi jaring, katinting itupun juga tidak jelas peruntukannya alasannya karena sudah ada arahan dan merupakan hasil pikiran sedangkan tugas pokoknya Dinas Perikanan tidak paham untuk mengola Kelautan dan Perikanan yang ada di butur terutama pengelolaan hasil laut untuk ABD Butur padahal setiap tahun miliaran uang negara untuk dinas perikanan tetapi data kami keseimbangan Ekonomi yang didapat dari Dinas Perikanan utk ABD Butur Nihil.

Yang parah nya lagi, Mawan Mengatakan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan sama sekali hanya tutup mata dengan kegiatan pengrusakan ini pasalnya hanya berdiam diri saja untuk menjaga laut dari ancaman destructive fishing.

Lanjutnya – Kegiatan destructive fishing yang dilakukan oleh oknum masyarakat umumnya menggunakan bahan peledak (bom ikan), dan penggunaan bahan beracun untuk menangkap ikan.

Penggunaan bahan-bahan tersebut mengakibatkan kerusakan terumbu karang dan ekosistem di sekitarnya, serta menyebabkan kematian berbagai jenis dan ukuran yang ada di perairan tersebut.

Kata Mawan sebagai putera daerah sangat berharap kepada pak Bupati tolonglah agar Kadis dan PSDKP Butur ini di evaluasi kinerjanya, karena rata rata kadis di butur ini SDM nya masih perlu banyak belajar, yang jadi masalah bukan prestasi yang ditampilkan tapi pelanggaran utamanya banyaknya ASN Butur yang Berpoligami ini jelas tanggung jawabnya hanya urusan keluarga dan keputusan pun untuk keluarganya, Pak Bupati jangan diam karena ini bagian dari kinerja bapak Juga Kasian Nasib Daerah Lipu Tinadeakonosara ini, Terangnya.

Exit mobile version