Suasana Buka Perdana di Jakarta, Istiqlal Diramaikan Ngabuburit

KILATNUSANTARA.COM, Jakarta: Gendang Maghrib di sejumlah masjid di Jakarta menggelegar pada Selasa (3/12/2024). Sebagai tanda berbuka puasa, umat Islam kemudian bergegas melepas dahaga berbuka puasa di puasa pertama Ramadhan ini.

Acara Buka Puasa (Bukber) pun langsung digelar di Masjid Istiklal, Jakarta Pusat. Masyarakat turut serta dalam program buka puasa bersama yang melakukan tradisi ngabuburit atau menunggu waktu berbuka puasa di sore hari.

Sebelum berbuka puasa, panitia pemesan mulai membagikan takjil kepada sejumlah masyarakat yang sudah memenuhi lobi masjid. Menanti azan, masyarakat menyanyikan salawat bersama-sama.

Kemudian azan Maghrib dikumandangkan. Masyarakat melakukan salat berjamaah, kemudian memakan takjil yang telah disediakan.

Di tengah-tengah masyarakat tampak Kepala Atase Agama Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta, Syekh Ahmad Bin Isa al-Hazimi. “Saya sangat senang bisa hadir di Masjid Istiklal pada awal Ramadhan tahun ini dan saya sangat senang bisa hadir bersama jamaah di Masjid Istiklal,” kata Syekh Ahmad mewakili Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud.

“Saya berharap kita semua dapat memenuhi kewajiban kita sebagai umat Islam untuk menjalankan puasa. Terima kasih khusus juga saya sampaikan kepada Imam Besar Masjid Istiklal Nasaruddin Umar dan seluruh Pimpinan Badan Pelaksana Masjid Istiklal.”

Dalam acara tersebut, Kedutaan Besar Arab juga memberikan 1.000 boks takjil. Syeikh Ahmad berharap pemberian yang diberikan dapat bermanfaat bagi masyarakat yang hadir.

Penjualnya melayani pembeli Lemang Tapai di Jakarta, Selasa (3/12/2024). Warga memanfaatkan bulan Ramadhan dengan membuka usaha kecil-kecilan yang menjual makanan dan minuman yang biasa disajikan saat berbuka puasa (Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aww)

Ramai pedagang di pasar Beduk

Sebaliknya, pasar beduk atau takjil mulai bermunculan Ramadan. Puluhan toko terdapat di depan Polsek Bendungan Hilir (Benhil), Tanah Abang, Jakarta Pusat.

“50 penyewa berasal dari warga RW 01. Sisanya warga luar,” kata Ketua RW 01 Desa Benhil, Pretty Abas, kepada wartawan, Selasa (3/12/2024).

Berbagai jenis takjeel dijual di pasar beduk ini. Mulai dari berbagai jenis gorengan, manisan, lapek, kue beras, dan lainnya. Pezel Ayam, Nasi Padang dan masih banyak lagi juga tersedia.

Tersedia juga aneka minuman, es sirup, cendol, sumsum tulang, dll. Para pedagang mulai membeli makanan ringan menjelang berbuka puasa.

Harga yang diamati mulai dari Rp 2.000 hingga Rp 50.000. Pembeli mulai berdatangan pada pukul 14.00 WIB dan masih ramai hingga waktu istirahat.


Tinggalkan Balasan