IKN Diharapkan Jadi Contoh Pembangunan Kantor Baru Modern

KILATNUSANTARA.COM, IKN: Ibu Kota Negara Nusantara (IKN) kita harapkan bisa menjadi role model dalam pembangunan perkantoran baru yang modern. Tidak hanya dalam skala nasional, namun juga dalam skala regional dan global dengan menerapkan konsep tersebut cerdas, hijau dan berkelanjutan.

“Hal ini merupakan bentuk amanah dari kesepakatan besar Indonesia dengan berbagai negara di dunia yang kita sepakati dengan mengacu pada SDGs ( Tujuan Pembangunan Berkelanjutan). Yakni, ada 17 tujuan bersama negara-negara di dunia untuk menjamin perdamaian dan kesejahteraan dunia di masa depan.”

Hal tersebut disampaikan oleh pakar pengelolaan kawasan perkotaan terkemuka di Otoritas IKN, Dr. D. Viby Indrayana, ST, MM, IPU, ASEAN, Eng, ACPE saat wawancara dengan RRI IKN, (Sabtu, 30/03/2024). menekankan bahwa konsep pembangunan yang diusung IKN berbeda dengan negara lain.

“Di IKN itu kota yang akan kita bawa ke hutan atau kota hutan. Jadi IKN akan menjadi kota cerdas, berkelanjutan, modern namun tetap berani mempertahankan unsur hijaunya. “Ini satu-satunya di dunia,” kata Wiebe

Pengembangan di IKN tidak sekedar membangun dengan konsep bangunan hijau, namun dalam menciptakan pembangunan hijau. Jadi di IKN kita membangun dengan cara yang ramah lingkungan atau green konstruksi.

Viby kembali menjelaskan seperti apa konsep green building yang seharusnya. Yakni material yang digunakan adalah material yang ramah lingkungan, penataan taman tidak hanya dilakukan pada atap tempat tinggal saja, namun dinding tempat tinggal juga dapat dilakukan penataan taman.


Tinggalkan Balasan