Wapres Dorong Banten Majukan Eksyar hingga Tingkat Global

KILATNUSANTARA.COM, Tangerang: Wakil Presiden Ma’roof Amin mendorong Banten menjawab tantangan pembangunan dan mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah (eksyar) secara global. Menurutnya, hal itu bisa dilakukan dengan mempercepat implementasi strategi pengembangan industri halal.

Dan terjamin kesinambungannya agar Indonesia dan Banten khususnya dapat berpartisipasi secara maksimal, kata Wapres saat membuka acara “Banten Halal Ramadan Festival” di Menara Syariah, Tangerang, Banten, Selasa (02/04/2024). .

Oleh karena itu, Wapres menilai Banten harus melakukan tiga hal untuk mewujudkan ekonomi dan keuangan syariah di tingkat global. Pertama, memanfaatkan potensi unggulan daerah dengan inovasi dan terobosan penguatan ekosistem rantai nilai halal.

“Meningkatkan produktivitas sektor manufaktur, perdagangan, dan transportasi yang menjadi kekuatan Banten. “Ekosistem rantai nilai halal perlu diperkuat dari atas hingga bawah, termasuk terkait percepatan sertifikasi halal,” ujarnya.

“Banten juga merupakan salah satu provinsi penyumbang pangan nasional, dengan potensi pertanian yang besar sehingga terus kita kembangkan. “Optimalkan pelaksanaan program ini dan hilirisasi sektor pertanian lainnya sehingga dapat menunjang produktivitas dan daya saing produk halal turunannya.”

Selain itu, kata Wapres, perlu adanya peningkatan sinergi lembaga keuangan syariah untuk memperkuat industri halal sekaligus meningkatkan inklusi keuangan syariah. Yakni dengan mengoptimalkan dan menggunakan berbagai produk keuangan syariah untuk meningkatkan pembiayaan syariah bagi pelaku usaha UMKM.

“Lembaga perbankan syariah seperti Bank Syariah Indonesia juga didorong untuk melaksanakan program tanggung jawab sosial dan lingkungan untuk memfasilitasi sertifikasi halal bagi UMKM. “Optimalkan pengembangan lembaga keuangan mikro syariah seperti BMT, koperasi syariah, dan koperasi pesantren di Banten untuk mendorong inklusi keuangan syariah,” ujarnya.

Wapres menyampaikan pidato pada “Banten Halal Ramadhan Festival 2024”, di Menara Syariah, Kabupaten Tangerang, Banten, Selasa (02/04/2024). (Foto: Sekretariat Wakil Presiden RI/I)

Kemudian, memperkuat kerja sama pengembangan ekosistem ekonomi dan keuangan syariah dengan meningkatkan kemitraan usaha di tingkat global. Banten sangat strategis dalam bidang perdagangan dan merupakan salah satu pintu gerbang ekspor Indonesia.

“Posisi ini harus dioptimalkan untuk meningkatkan ekspor produk halal Banten. mendorong dan meningkatkan bantuan bagi pelaku usaha untuk memasuki pasar global. “Juga kerja sama dengan pelaku usaha dari berbagai negara,” kata Wapres.

“Baik di kawasan ASEAN, Timur Tengah, dan kawasan lainnya, perlu adanya promosi yang berkelanjutan untuk meningkatkan peran Provinsi Banten di pasar global produk halal.”

Sementara itu, “Banten Halal Ramadan Festival” bertujuan untuk meningkatkan literasi dan inklusivitas ekonomi dan keuangan syariah. ujar Ketua Komite Ekonomi dan Keuangan Syariah Daerah (KDEKS) Provinsi Banten Siti Marifah pada kesempatan yang sama.

“Kami berharap program ini menjadi wujud upaya menciptakan gerakan bersama menjadikan Indonesia sebagai ‘Global Halal Hub’ yang dapat terwujud dalam waktu tidak lama lagi,” kata Siti.


Tinggalkan Balasan