Aneka Ragam Budaya Indinesia Tersaji di ‘Melayu Day’

KILATNUSANTARA.COM, Jakarta: Keberagaman budaya Indonesia dipamerkan di Malay Day Cultural Festival. Acara ini akan diadakan di Kota Yala, Provinsi Yala, Thailand pada tanggal 23-25 ​​Februari 2024.

Malay Day adalah festival budaya terbesar di Thailand Selatan. Acara ini diprakarsai oleh pemerintah kota Yala sejak tahun 2014.

Melayu Day merupakan acara bersama antar negara. Yakni dengan KJRI Songkhla dan KJRI Songkhla Malaysia.

Selama tiga hari acara, Indonesia menyuguhkan pertunjukan budaya busana dan tari. Ada pula pameran edukasi, promosi kuliner, dan produk khas UMKM.

Tari Ratoh Jaroe yang dibawakan UIN Ar-Raniry Banda Aceh turut meramaikan acara tersebut. Penampilan Indonesia kemudian dilanjutkan dengan tarian Sinanggar Tullo yang dibawakan oleh Kadin Fashion.

Pengunjung juga berkesempatan mencicipi cita rasa kuliner mie aceh yang kaya akan rempah. Makanan ini diolah langsung oleh chef asal Serambi Mekkah, Aceh.

Pertunjukan budaya ini dimanfaatkan berbagai universitas di Indonesia untuk memperkenalkan kurikulum, termasuk penawaran beasiswa. Pelajar di Thailand Selatan selalu menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara tujuan untuk melanjutkan pendidikan tingginya.

Beberapa institusi pendidikan Indonesia ikut berpartisipasi. Diantaranya Universitas Galuh, Universitas Darunajah, Universitas Nasional Jakarta, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Mendukung UMKM Go Global, KJRI Songkhla juga memfasilitasi penandatanganan nota kesepahaman antar pelaku usaha Indonesia. MoU bekerja di bidang pakaian jadi dengan mitra dari Thailand.

Kami berharap penandatanganan ini semakin meningkatkan penetrasi produk khususnya pakaian muslim Indonesia ke Thailand Selatan. Partisipasi Indonesia merupakan dorongan sekaligus upaya yang baik untuk memajukan kebudayaan, pendidikan, dan perekonomian Indonesia serta memperkuat citra Indonesia.


Tinggalkan Balasan