Miris, Tanggul Teluk Palu Masih Banyak Sampah

KILATNUSANTARA.COM, Palu: Pantai Talisay, Teluk Palu menjadi salah satu destinasi yang dikunjungi warga Kota Palu, Sulawesi Tengah untuk berlibur. Namun sayang, kepedulian pengunjung terhadap menjaga kebersihan masih rendah karena sampah menumpuk di bebatuan tanggul Teluk Palu.

Dalia, warga Kota Palu, prihatin dengan kondisi Teluk Palu. “Kondisi pantainya bagus dengan pemandangan yang bagus, namun masyarakat membuang sampah sembarangan,” kata Dalia, Jumat (23/2/2024).

Sekretaris Daerah Kota Palu Irmayanti Petalolo pada acara kemaslahatan massal di Pantai Talise, Teluk Palu. Foto: Ketut

Sekda Kota Palu Irmayanti mengatakan, untuk menghilangkan sampah tersebut pihaknya melakukan aksi sosialisasi massal di sepanjang Pantai Talisay. Aksi ini dilakukan Pemerintah Kota Palu melalui Dinas Lingkungan Hidup bersama unsur TNI, Polri, dan kelompok masyarakat padat karya.

“Kami berharap apa yang telah dilakukan selama ini untuk membersihkan lingkungan di Kota Palu dapat terus berkelanjutan. “Hasil kerja kita selama ini sudah mulai terlihat dan perlu kita pertahankan dan tingkatkan,” kata Irmayanti.

Aksi kerja bakti massal di Talise Teluk Palu dalam rangka HPSN 2024. Foto: Ketut

Ia menambahkan, untuk mendukung program kebersihan, Pemerintah Kota Palu telah mengeluarkan berbagai kebijakan. Peraturan tersebut berupa peraturan pemerintah dan peraturan daerah.

Peraturan tersebut mencakup pembatasan penggunaan kemasan plastik sekali pakai, serta larangan pembakaran sampah. Berbagai peraturan tersebut diharapkan menjadikan Kota Palu bersih, indah, aman dan nyaman.


Tinggalkan Balasan