Atlet Disabilitas Banyumas Siap Berlaga di Kejurprov NPCI Jateng

Banyumas // kilatnusantara.com

Kepengurusan National Paralympic Committe Indonesia (NPCI) Kabupaten Banyumas dibawah kepemimpinan Suwondo, bertekad membesarkan organisasi olahraga difabel Banyumas dalam mencapai prestasi, baik tingkat nasional, maupun internasional. Untuk mewujudkan langkah tersebut NPCI Banyuas telah menggelar dua even yaitu festival olah raga disabilitas dan penjaringan bakat olahraga dari penyandang disabilitas melalui tes pemanduan bakat. Hal teserbut dilakukan sebagai persiapan menghadapi Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Olahraga Disabilitas 25-27 Oktober 2022 di Kota Surakarta.

“NPCI Kabupaten Banyumas melalui kegiatan festival olah raga disabilitas dan penjaringan bakat olahraga dari penyandang disabilitas, telah mendapatkan 16 Atlit untuk 5 cabang olah raga yang akan kita kirimkan ke Kejurprov Disabiltas Tahun 2022 di Surakarta,” kata Suwondo Ketua NPCI Kabupaten Banyumas Rabu 5 Oktober 2022

Ke 16 atlet yang disiapkan antara lain Saikun dan Agung dari cabang olah raga (cabor) renang, kemudian Andi Astoto, Wartono, Safrudi Supriyadi, Mahmudin, Warko dan Wahyu untuk cabor bulu tangkis. Sementara Rohidin dan Sugiryono akan bertanding dalam cabor tenis meja, Purwnomo dan Purwanto cabor Catur serta Najib Abdul Rahman, Yulianto, Dani Dwi Atmaja dan Dwi Aprianto Putra akan bertanding dalam lomba atletik.

Untuk menyiapkan atlitnya Suwondo mengaku telah mengumpulkan 16 Atlit dimana mereka menyatakan kesiapan dan kesanggupan untuk mengikuti Kejurprov. Selanjutnya dalam tiga pekan sebelum keberangkatan para atlit diminta melakukan latihan mandiri dan latihan intensif minimal 2 kali dalam seminggu.

“Perjuangan para atlet penyandang disabilitas atau paralympic untuk bisa berprestasi dalam ajang kejurprov tentu tidaklah mudah, butuh kerja keras dan dukungan dari semua pihak, agar mereka dapat mewujudkannya,” lanjut Wondo.

Wondo menyadari sampai saat ini, NPCI bersama Pemkab Banyumas baru mengawali dan mengakomodir para atlet disabilitas. Sementara dalam hal sarana dan prasarananya secara bertahap baru akan diusulkan tahun mendatang agar bisa mencetak bibit dan atlit unggul khususnya para atlet disabilitas.

“Kami pengurus NPCI juga baru dilantik, maka kami mohon para atlit untuk dapat menunjukan prestasi dahulu agar kedepan semakin baik, baik dari sisi kuantitas maupun kualitas atilt. Saat ini kita sudah memiliki atlit tingkat nasional yaitu Sapto Yogo Purnomo dalam cabor atletik,” tambah Wondo memotivasi atlitnya.

Saikun Atlit Renang Disabilitas Warga Banjarparakan Rawalo mengatakan dalam menghadapi kejurprov disabiltas, ia sudah menyiapkan diri sejak berhasil menjadi pemenang pada Festival Olahraga Disabalilitas yang digelar NPCI Kabupaten Banyumas.

“Saya sudah berlatih secara mandiri di Kolam Renang Tirta Kembar. Saya siap mengikuti Kejurprov dan semoga bisa membawa nama baik Kabupaten Banyumas,” katanya.

( Arif KN )

Tinggalkan Balasan