Wapres Kembali Dorong KDEKS Kembangkan Program Pengentasan Kemiskinan

KILATNUSANTARA.COM, Pontianak: Wakil Presiden Ma’roof Amin mendorong anggota Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Kalimantan Barat yang baru dilantik agar fokus pada pengembangan ekonomi syariah. Wapres menegaskan, pengembangan ekonomi syariah harus mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pengentasan kemiskinan.

“Meningkatkan inklusi keuangan syariah khususnya melalui unit bisnis Bank Kalbar Syariah, penguatan lembaga keuangan mikro syariah. Serta pengembangan koperasi syariah berbasis masyarakat,” kata Wapres saat menghadiri peluncuran KDEKS Kalimantan Barat, Rabu (27/3/2024) di Pontianak.

Pada acara yang digelar di kantor Gubernur Kalbar tersebut, Wapres juga meminta KDEKS mendorong pengembangan Dana Sosial untuk Syariah Digital. Serta mensinergikan distribusi ke lokasi sasaran program pengentasan kemiskinan ekstrem dan mengatasi stunting di Kalimantan Barat.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin bersama Jajaran Direksi KDEKS Kalimantan Barat yang baru dilantik (Foto: Sekretariat RI/Ist)

Terkait produk halal, Wapres berharap KDEKS Kalbar bisa menggalakkan program sertifikasi halal nasional. Menurut dia, hal itu dilakukan baik oleh sektor hulu maupun hilir.

“Dalam rangka pemenuhan target wajib sertifikasi halal pada sektor makanan dan minuman serta produk dan jasa pemotongan,” kata Wapres yang juga menjabat sebagai ketua tim percepatan penurunan angka stunting (TP2S).

Usai menyaksikan pembukaan KDEKS, pada kesempatan tersebut Wapres menyerahkan secara simbolis sertifikat halal kepada tiga peserta UMKM. Yakni Luki penjual bakso, Latifa pengusaha roti mangalikh, dan Fenty Sinthiavati pengusaha kantin madrasah.


Tinggalkan Balasan