Bawa Bantuan Buat Palestina, KRI Radjiman Tiba di Mesir

Bawa Bantuan Buat Palestina, KRI Radjiman Tiba di Mesir

KILATNUSANTARA.COM, Mesir: Setelah 27 hari berlayar KRI dr. Radjiman Wedydiningrat-992 (KRI RJW-992) tiba di Pelabuhan El-Arish, Mesir pada Selasa (13/02). Kapal milik TNI Angkatan Laut ini membawa bantuan kemanusiaan masyarakat Indonesia untuk masyarakat Gaza yang menjadi korban konflik Israel-Palestina.

Keterangan tertulis dari Dispen TNI AL menyebutkan, KRI RJW-992 merupakan bagian dari misi kemanusiaan Satgas Port Visit Mesir 2024. Misi ini dipimpin oleh Laksamana Pertama TNI Sumarji Bimoaji selaku Komandan Satgas.

Kedatangan KRI RJW di pelabuhan Mesir disambut oleh pejabat KBRI Mesir. Perwakilan Bulan Sabit Merah Mesir (ERC) dan otoritas pelabuhan setempat juga hadir.

Penandatanganan serah terima bantuan kepada Bulan Sabit Merah Mesir. Foto: apotik

“Bantuan kemanusiaan ini merupakan wujud kepedulian pemerintah dan masyarakat Indonesia. “Kami berharap bantuan ini dapat membantu dan meringankan para korban konflik di Gaza,” kata Laksamana TNI Sumarji Bimoaji seperti dikutip dalam keterangan tertulis TNI Angkatan Laut, Selasa (13/2).

Saat ini barang bantuan tersebut masih dalam proses debarking (pembongkaran) di dermaga El-Arish yang selanjutnya akan diserahkan kepada perwakilan ERC. ERC selanjutnya akan mengirimkan bantuan ke Gaza melalui perbatasan Rafah untuk disalurkan kepada korban konflik.

Bawa Bantuan Buat Palestina, KRI Radjiman Tiba di Mesir

Bahan bantuan masyarakat Indonesia kepada masyarakat Palestina saat diturunkan KRI Radjiman. Foto: apotik

Barang-barang yang dibawa KRI RJW merupakan bantuan yang dihimpun TNI Angkatan Laut dari masyarakat Indonesia sejak November 2023. Pengumpulan bantuan dipusatkan di Komando Angkatan Laut (Kolinlamil) Jakarta dan Komando Armada II (Koarmada II) Surabaya.

KRI RJW sempat beberapa kali tertunda berangkat karena belum mendapat izin dari pemerintah Mesir. Namun akhirnya pada 18 Januari, kapal ini mampu membuang sauh dari Dermaga Kolinlamil Tanjung Priok dan berlayar menuju Mesir.


Tinggalkan Balasan