Panglima Perintahkan Evaluasi Mekanisme Kerja POM-TNI Propam Polri

KILATNUSANTARA.COM, Jakarta: Panglima TNI Jenderal Agus Subianto memerintahkan jajarannya mengkaji sistem dan mekanisme hubungan kerja antara Polisi Militer TNI (POM) dan Propam Polri. Penilaiannya terkait penerapan disiplin, kepatuhan terhadap hukum dan ketertiban, termasuk penerapan sumber daya manusia.

Hal tersebut ditegaskan Panglima TNI dalam sambutannya pada pembukaan Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) POM TNI dan Propam Polri di Mabes TNI Cilangkap, Kamis (5/2/2024). Rakornis kali ini mengusung tema “Melalui Rakornis POM TNI-Propam Polri siap mewujudkan sinergitas penegakan hukum disiplin dan ketertiban di lingkungan TNI-Polri untuk Indonesia Maju”.

“Saya sangat berharap kegiatan ini dapat memberikan kontribusi positif terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi Polisi Militer dalam menjalankan tugas TNI dan Polri. Hasil rakor ini dapat dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran peraturan perundang-undangan disiplin anggota TNI dan Polri, kata Panglima TNI dalam sambutan yang dibacakan Panglima Puspom TNI Mayjen Yusri Nurianto.

Rapat koordinasi ini, lanjutnya, penting untuk memperkuat sinergi dan kerja sama antar satuan polisi militer dalam menjaga supremasi hukum. “Diharapkan personel TNI Polri yang taat hukum, memiliki loyalitas, moral, dan integritas yang tinggi untuk mewujudkan TNI kelas satu dan Polri yang presisi,” kata Jenderal TNI Agus Subianto.

Sementara itu, saat menjawab pertanyaan wartawan, DanPuspom TNI Mayjen Yusri Nurianto mengatakan tujuan rakor ini adalah untuk menyamakan persepsi, pola pikir, dan pola sikap. Terutama terkait penerapan peraturan perundang-undangan disiplin di lingkungan TNI dan Polri.

Peserta rapat koordinasi dengan Polisi Militer TNI dan Propam Polri berfoto bersama usai acara (Foto: RRI/Anto)

“Juga untuk menciptakan penegakan hukum yang kuat, transparan, dan akuntabel serta diharapkan tidak terjadi gesekan di tingkat bawah.” “Dengan menyamakan persepsi terhadap penegakan hukum dan kedisiplinan, kita ingin mewujudkan prajurit TNI dan Polri yang taat hukum,” kata Yousri.

Keikutsertaan Propam Polri dalam Rapat Koordinasi Polisi Militer (POM) TNI mendapat pujian dari Kepala Divisi Propam Polri Irjen Pol. Syahardiantono yang turut hadir dalam acara tersebut. Rapat koordinasi ini dinilainya sangat bermanfaat karena dihadiri seluruh jajaran Badan POM TNI serta Kepala Propam dan seluruh Polda.

Rapat koordinasi bersama ini sangat membantu dalam menyelaraskan langkah-langkah aksi di lapangan nantinya, sehingga kami sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih. Jadi setelah rapat koordinasi ini akan kita tindak lanjuti di tingkat polda bahkan sampai ke tingkat polres, kata Irjen Paul. Syahardiantono.

Rapat koordinasi POM TNI-Propam Polri dihadiri anggota polisi militer TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, dan TNI Angkatan Udara. Sedangkan peserta Polri terdiri dari petugas Divpropam Polri dan Kapolda Propam se-Indonesia.


Tinggalkan Balasan