Sejumlah Negara Konfirmasi Hadiri WWF di Bali

KILATNUSANTARA.COM, Jakarta: Rusia, Belarusia, dan Kazakhstan memastikan akan menghadiri World Water Forum (WWF) ke-10 pada 18-25 Mei di Bali. Sebagai tuan rumah, Indonesia mengundang 193 negara anggota UNESCO untuk menghadiri World Water Forum.

Duta Besar Belarusia untuk Indonesia Raman Ramanovsky mengatakan meski belum mengetahui rincian jumlah delegasi yang akan hadir. Namun, ia menegaskan bahwa Belarus menganggap WWF sebagai forum penting untuk saling belajar dan bertukar pengalaman dalam pengelolaan air dari masing-masing negara.

“Saat ini kami masih menunggu informasi lebih lanjut dari ibu kota kami, namun yang pasti saya berencana hadir. “Air adalah bagian dari pembangunan sosial di negara mana pun, jadi kita harus mendiskusikannya,” kata Ramanusky saat ditemui di kediaman resmi Dubes Rusia, Jakarta, Kamis (5/9/2024).

“Ddan belajar dari berbagai praktik baik dalam hal ini dari negara lain. Serta mengoordinasikan upaya kami untuk mengelola sumber daya yang tak ternilai ini dengan lebih baik.”

Menurutnya, ketersediaan air tidak menjadi masalah di Belarus karena diikuti dengan kebijakan berbeda untuk menjaga sumber daya yang ada. Belarus juga ingin berbagi pengalaman dalam pengelolaan sumber daya air pada forum yang akan diadakan minggu depan.

“Tentu saja, kebijakan pemerintah Belarusia ditujukan untuk menjaga efektivitas pengelolaan sumber daya yang kami miliki. “Tentu saja kita bisa berbagi pengalaman dan apa yang kita lakukan, misalnya dalam pengelolaan rawa dan sungai, dengan negara lain,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kedutaan Besar Rusia di Indonesia Veronika Novoseltseva menyampaikan delegasi Rusia akan hadir dalam rombongan besar. Dia menjelaskan, delegasi Rusia nantinya akan terdiri dari perwakilan pemerintah dan senat.

“Delegasi Rusia cukup besar, termasuk rombongan dari pemerintah dan senat, levelnya cukup tinggi dan akan ada dua diplomat dari kedutaan Rusia. “Kami sangat mendukung inisiatif Indonesia dan sangat bersedia berpartisipasi dan berkontribusi sesuai kemampuan kami,” kata Novoseltseva.

Duta Besar Kazakhstan untuk Indonesia Serzhan Abdikarimov mengatakan Wakil Menteri Sumber Daya Air akan memimpin delegasi Kazakh untuk mengikuti WWF ke-10 di Bali (Foto: RRI/Retno Mandasari)

Sementara itu, Wakil Menteri Sumber Daya Air akan memimpin delegasi Kazakh untuk mengikuti WWF ke-10 di Bali. Hal tersebut disampaikan Duta Besar Kazakhstan untuk Indonesia Serzhan Abdikarimov di tempat yang sama.

“Kami berharap hadir delegasi dari Kazakhstan yaitu Wakil Menteri Sumber Daya Air dan delegasinya. “Setelah itu, anggota parlemen juga akan tiba pada 18 Mei hingga forum berakhir pada 25 Mei,” kata Abdikarimov.

WWF ke-10 membahas empat isu antara lain konservasi air, air bersih dan sanitasi, ketahanan pangan dan energi, serta mitigasi bencana alam. Bersama World Water Council (WWC), Indonesia juga mengundang 43 duta besar dan 4 organisasi internasional untuk berpartisipasi dalam World Water Forum ke-10.


Tinggalkan Balasan