Pemudik Mulai Padati Terminal Kampung Rambutan Sejak Subuh

KILATNUSANTARA.COM, Jakarta: Pada hari ke-5 libur Lebaran, penumpang mudik mulai berdatangan di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur mulai Jumat (4/5/2024) dini hari. Mereka sengaja berangkat pagi-pagi agar bisa tiba di kampung halaman saat hari masih terang.

“Setelah subuh, saya langsung berangkat ke sini (Terminal Kampung Rambutan) agar bisa naik bus yang berangkat pagi. Takutnya kalau sore berangkat, terjadi kemacetan parah di jalan tersebut,” kata Sunandar. yang sedang dalam perjalanan pulang ke Tasikmalaya.

“Iya, kalau saya berangkat pagi, masih terang saat sampai di Cilacap (sore – red). Karena sesampainya di terminal, saya masih harus menyambung ke angkutan umum lain, dan pada malam hari tidak ada angkutan umum sama sekali,” kata Varsito saat pulang menuju Cilacap.

Namun, puluhan bus mengantri hingga penuh. Nampaknya para awak bus kerap menemui dan menanyakan tujuan setiap penumpang yang baru tiba di terminal.

Bus tujuan kota-kota di Jawa Barat tampak menunggu penumpang dalam antrian. Foto: RRI/Anto

Terminal Kampung Rambutan melayani penumpang tujuan kota-kota di Jawa Barat serta sebagian Jawa Tengah dan Sumatera. Pengelola terminal telah menyiapkan posko terpadu untuk menjamin keamanan dan kenyamanan penumpang.

Di ruang tunggu terdapat Unified Command Center untuk kepolisian, dinas kesehatan, dll. Spanduk juga dipasang di berbagai sudut untuk mengingatkan pemudik agar selalu berhati-hati dan menjaga keamanan barang bawaannya.


Tinggalkan Balasan