Peringati Peristiwa G30S PKI, SMPN 2 Rawalo Nobar Film G30 S PKI

Banyumas // kilatnusantara.com

Dalam rangka memperingati peristiwa G30S PKI Pangkalan SMP Negeri 2 Rawalo menggelar nonton bareng (nobar) film Gerakan 30 September 1965 (G30S/PKI) yang dibuat masa Presiden Kedua RI Soeharto, Jum’at 30 September 2022 di Ruang Indoor sekolah setempat. Nobar dikuti oleh semua siswa kelas VII sampai IX.

Mengingat jumlah yang cukup banyak dalam kegiatan nonton bareng ini disiapkan dua layar yaitu untuk putra dan putri.

Ketua Majelis Pembimbing Gugusdepan Dodik Heksa Juliarso, S.Pd. mengatakan menonton film G 30 S PKI mempunyai tujuan untuk membangun dan mengokohkan rasa nasionalisme generasi muda dan juga menanamkan kepada mereka beratnya perjuangan mempertahankan Negara RI sehungga nyawa taruhannya.

“Pemutaran ulang film tersebut bertujuan untuk mengingatkan kepada seluruh bangsa Indonesia tentang peristiwa yang terjadi pada 30 September 1965 silam agar tidak terulang,” katanya

Senada disampaikan Aniati, S.Pd, pembina Pramuka SMPN 2 Rawalo yang mengatakan bahwa tugas dari anak didik setelah menonton film G 30 S PKI adalah dapat menceritakan kembali kekejaman PKI yg membunuh para jenderal, umara dan ulama di masa lalu.

“Ini bagian dari memahami sejarah yang terjadi saat itu kepada generasi muda,” katanya.

( Arif KN )

Exit mobile version