Kunjungi Anak Disabilitas di SDN Cilaku, Ny Erna Husein Terharu

Banyumas // kilatnusantara.com

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Banyumas Ny Erna Husein berkunjung ke SD Negeri Cilaku Desa Karangendep Kecamatan Patikraja, Senin sore (10/10/2022). Kunjungan dilakukan setelah mendapatkan informasi adanya siswa SD Negeri Cilaku terdapat 5 anak bertatenta khusus, baik yang mengalami disabilitas maupun intelekrualnya dibawah rata-rata.

Ketua TP-PKK Banyumas, Ny. Erna Husein menyapa dan bercanda dengan anak anak penyandang disabilitas disekolah tersebut. Hal ini merupakan salah satu keinginannya yang disampaikan kepada Kepala Sekolah Nur Farida, yang ingin bertemu langsung dengan anak anak disabilitas agar bisa melihat lebih dekat mereka dan menyapa dan sekedar bermain.

“Kami bersama Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinsospermades, Baznas dan juga Forkopimcam datang untuk melihat dari dekat SD Negeri Cilaku dimana ada siswanya yang menyandang disabilitas. Setelah melihat dari dekat dari kami maupun dinas yang hadir akan segera menindaklanjuti kemungkinan yang bisa diberikan kepada mereka,” kata Erna Husein

Menurut Erna, ruang gerak mereka terbatas karena keterbatasan yang mereka miliki maka perlu bantuan dari semua pihak. Ia mengaku ketemu dengan Kepala Sekolah Nur Farida pada kegiatan pramuka, yang menceritakan bahwa di SDnya ada anak berkebutuhan khusus. Sehingga merencanakan kehadhiran dengan pihak terkait untuk melihat dari dekat.

“Setelah saya melihat langsung secara bersama-sama semua akan berbuat untuk mereka. Seperti pembangunan perpustakaan sekolah, pengadaan baju seragam. Kemudian khusus untuk adik Marsya akan dibantu “sepatu besi” sebagai penopang berjalan karena Dik Marsya ga bisa berdiri, juga ada benah rumah dari Baznas untuk rumah Adik Marsya. Tentunya kami sangat senang sekali dengan para stakeholders turut bersama sama memberi perhatian, bisa sedikit berbuat untuk anak-anak bertalenta khusus, walaupun masih belum maksimal,” lanjut Erna Husein.

Pada kesempatan ini, ia juga sempat berkunjung kerumah Marsya dimana ibu anak tersebut, juga mengalami disabilitas.

Kepala SD Negeri Cilaku Nur Farida mengucapkan terimakasih untuk semua pihak baik dari PMI, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinsoepermades, yang sudah memberikan bantuan untuk anak-anak SD Negeri Cilaku.

“Di Sekolah kami ada ada 5 anak yang bertalenda khusus, yaitu 2 anak penyandang disabilitas dan lainya intelektualnya dibawah rata-rata, padahal mereka sudah ada yang berusia SMP dan SMP tapi belum bisa mengenal huruf,” katanya.

Nur Farida menambahkan semula dia curhat dengan beberapa orang termasuk Ketua Kwarcab Agus Nur Hadie, kemudian mendapat respon positif dari PMI dan Ketua Tim Penggerak PKK.

“Setelah bertugas di SD Negeri Cilaku saya menceritakan beberapa kondisi yang ada pada siswa kami. Alhamdulilah PMI merespon cepat kondisi siswa kami, salah satunya Marsya yang tidak bisa berjalan, langsung mendapatkan terapi di Rumah Sakit Banyumas dan mendapatkan kursi roda,” jelasnya

Dengan kehadhiran Ketua Tim Penggerak PKK Ny Erna Husein dengan dinas terkait, baik sekolah maupun anak-anak mendapatkan bantuan. Bantuan yang akan diberikan antara lain ruang perpustakaan, baju sekolah, sepatu besi dan benah rumah untuk Marsya dan lain sebagainya.

“Tentu ini sangat sulit kami lakukan jika harus mengajukan proposal satu persatu. Kehadhiran Beliau Bunda Erna selain memotivasi anak-anak kami, juga dapat menjadi penyemangat kami baik guru maupun tenaga kependidikan di SD Negeri Cilaku,” pungkasnya.

( Arif KN )

Exit mobile version