Pemkab Malinau Tampilkan Budaya Dayak di Amerika Serikat

KILATNUSANTARA.COM, San Francisco: Pemerintah Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara, menampilkan potensi budaya daerahnya pada pameran pariwisata internasional di San Francisco, Amerika Serikat. Acara bertema San Francisco/Bay Area Travel and Adventure Show 2024 berlangsung minggu lalu.

Pameran ini dikunjungi sekitar 150 peserta yang merupakan perwakilan industri pariwisata dari berbagai negara. Ini termasuk agen perjalanan, penasihat perjalanan dan influencer serta perusahaan pendukung pariwisata.

Kehadiran delegasi pemerintah Kabupaten Malinau pada acara tersebut difasilitasi oleh Konsulat Jenderal Indonesia (KJRI) di San Francisco. Rombongan Kalimantan Utara dipimpin langsung oleh Bupati Malinau Wempi Velem Mawa.

“Kami datang untuk mempromosikan Malinau sekaligus mengadakan pertemuan bisnis dan kerjasama lainnya,” kata Wempi, Kamis (21/3/2024). Salah satunya dengan menyuguhkan atraksi tari gabungan Dayak Malinau yang sukses memukau para pengunjung disana.

Bupati Malinau, Wempi Velem Mawa (kiri), bersama Konjen RI (KJRI) di San Francisco, Prasetio Hadi (Foto: KJRI San Francisco)

Keikutsertaan Pemerintah Kabupaten Malinau dalam ajang internasional ini merupakan upaya untuk mempromosikan pariwisata Indonesia yang unik dan tematik. “Berbagai daerah di Indonesia perlu dipromosikan lebih intensif,” kata Konjen RI di San Francisco, Prasetio Hadi.

Menurutnya, KJRI San Francisco akan terus menggarap potensi seni dan budaya di berbagai daerah nusantara. “Ini merupakan rangkaian program tematik diplomasi budaya dan pariwisata yang kita lakukan sejak tahun 2022,” ujarnya.

Sebagai wilayah yang dekat dengan Ibu Kota Negara Kepulauan (IKN), Malinau mempunyai sejumlah potensi dan keunggulan. Keberagaman budaya 11 suku di kawasan tersebut menjadi aset sosial yang mampu menarik wisatawan lokal maupun mancanegara.

“Peluang pengembangan pariwisata di Malinau sangat besar,” kata Konsul Ekonomi, Perdagangan, Kesehatan dan Pariwisata KJRI San Francisco Fajar Yusuf. Selain dekat dengan IKN, lanjutnya, Malinau terletak di jantung Kalimantan dan berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia.


Tinggalkan Balasan