Komunitas Malaysia Hadiri Silaturahmi Idulfitri di Jakarta

KILATNUSANTARA.COM, Jakarta: Ratusan warga Malaysia menghadiri acara Idul Fitri di Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta pada Rabu (4/10/2024) pagi. Silaturahmi dibuka langsung oleh Duta Besar Malaysia untuk Indonesia, Syed Mohamad Hasrin Tengku Husin.

Syed mengatakan kepada RRI, melalui pertemuan ini diharapkan dapat mengobati kerinduan masyarakat Malaysia terhadap perayaan Idul Fitri di kampung halaman. Termasuk WNI yang turut menghadiri perayaan di KBRI.

“Saat ini banyak warga Indonesia yang mempunyai hubungan darah atau menikah dengan warga Malaysia yang juga menghadiri acara silaturahmi Bairam di KBRI. Kami berharap mereka juga bisa merasakan suasana kemeriahan seperti suasana kemeriahan di Malaysia,” kata Syed saat ditemui RRI di sela-sela acara.

Menurut Syed, tidak ada perbedaan tradisi merayakan Idul Fitri di Indonesia dan Malaysia. Namun di tahun kedua perayaan Idul Fitri di Indonesia, ia rindu merayakannya bersama keluarga besarnya di tanah air.

“Hanya itu yang terasa kecil karena saya tidak bisa menghabiskan liburan bersama keluarga besar. “Tapi sama seperti diplomat Indonesia, saya rasa merayakan Idul Fitri di luar negeri adalah hal yang lumrah,” ujarnya.

Secara khusus, Syed berharap perayaan Idul Fitri tahun ini dapat menjadi momentum untuk mempererat hubungan bilateral dengan Indonesia. Yang terpenting, dalam menciptakan kesejahteraan bersama.

Saya juga berharap hubungan Indonesia dan Malaysia terus kokoh, damai, sejahtera, dan langgeng di masa depan, ujarnya.

Duta Besar Malaysia untuk Indonesia Syed Mohamad Hasrin Tengku Husin (kedua dari kiri) bersama sejumlah warga Malaysia diapit saat Idul Fitri. (Foto: RRI/Retno Mandasari)

Warga Malaysia asal Provinsi Perak, Azwan Omar mengatakan, silaturahmi Idul Fitri di Kedutaan Malaysia tahun ini lebih meriah. Menurutnya, karena menyajikan beragam menu khas Malaysia yang sebelumnya sulit ditemukan di masa pandemi Covid-19.

“Tahun ini gap 2 tahun dengan Covid dan sudah berakhir, tahun ini lebih meriah dengan variasi makanan seperti rendang, lemang dan ketupat. “Dulu (masa Covid) susah kalau tidak ada siapa-siapa, sekarang banyak dan makin banyak yang datang,” kata pria yang sudah 17 tahun tinggal di Indonesia ini.

Hakima Zaman, warga Seri Iskandar, Provinsi Perak, turut merasakan nikmatnya perayaan Idul Fitri di Indonesia. Hakimah mengatakan rasa rindu kampung halaman bisa diredakan dengan berkumpul bersama teman-teman dan menikmati santapan khas Idul Fitri.

“Untuk saat ini bersama teman-teman di sini saya merasa senang, yang membuat saya senang adalah makanannya tidak jauh berbeda dengan makanan di Malaysia. “Seperti soto, rendang, tapi rasa rendang kedua negara ini sedikit berbeda, hanya saja rasa rendang di sini enak banget,” ujarnya.

Silaturahmi Idul Fitri 1445 Hijriah yang diselenggarakan Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta dihadiri lebih dari 300 orang asal Malaysia dan Indonesia. Pertemuan ini diawali dengan pelaksanaan salat Idul Fitri yang dilaksanakan di halaman KBRI.


Tinggalkan Balasan