Indonesia Jadi Negara Mitra India Gaming Show 2024

KILATNUSANTARA.COM, Mumbai: india resmi menjadi negara mitra penyelenggara India Gaming Show 2024 yang akan digelar di Pune, Maharashtra, India. Partisipasi india ini merupakan bagian dari peringatan 75 tahun hubungan diplomatik dengan India.

Kehadiran Indonesia juga merupakan kelanjutan dari implementasi Perpres 19/2024 tentang percepatan pengembangan industri gaming nasional. Konjen RI Mumbai, Edy Wardoyo mengatakan, ajang ini membuka peluang bagi para pengembang game Indonesia untuk memperluas pasarnya.

“Kita tahu pasar game India diperkirakan bernilai US$5 miliar,” ujarnya, Senin (18/3/2024). Maka dari itu, Edy meminta para pengembang game india bisa memanfaatkan India Gaming Show semaksimal mungkin.

Eddy juga menyampaikan komitmen india untuk meningkatkan kerja sama dengan India di bidang perdagangan, investasi, dan industri kreatif. “Kesamaan akar budaya kedua negara menjadi faktor yang sangat potensial dalam memperkuat kerja sama ini,” ujarnya.

Paviliun india di India Gaming Show 2024 menampilkan empat studio game terkemuka Tanah Air. Di antaranya Hexaplay, Anantarupa, Ginger Sun Studio dan Marica, serta Asosiasi Pengembang Game Indonesia (AGI).

Konsul Jenderal RI (KJRI) di Mumbai, Edy Wardoyo (kedua dari kanan), mengikuti pemotongan pita penanda pembukaan India Gaming Show 2024, Senin (18/3/2024) (Foto: KJRI Mumbai )

Dalam kegiatan ini juga dilakukan kesepakatan antara Studio Anantarupa dengan Jio Games of India. Tujuannya adalah untuk mendapatkan lisensi eksklusif dan penerbitan game Lokapala di India melalui ekosistem Jio Games.

Ginger Sun Studio kemudian mengadakan kolaborasi penerbitan senilai 40 ribu USD dengan Soft Source Publisher untuk game “Unrivaled Heroes”. Sementara itu, Studio Hexaplay telah menyelesaikan kesepakatan dengan Brinc Accelerator India untuk kolaborasi penerbitan bersama pada game Null Horizon.

Hexaplay juga telah diberikan indikasi proyek IP untuk mengembangkan game spin-off dari serial film Karthikeyan. Ini adalah serial film yang diproduksi oleh anak perusahaan Brinc, Accelerator.

Pameran game terbesar di India juga menampilkan Moba Counterstrike Grand Slam yang menampilkan tim india Garuda Wisnu. Acara ini menarik perhatian sekitar 100 ribu penonton secara virtual melalui channel Skyesport.

Selain india, grand slam ini juga menghadirkan tim eSports dari India, Rusia, dan Australia. Pesan yang ditampilkan pada grand slam ini adalah “HUT ke-75 Hubungan Diplomatik Indonesia-India”.


Tinggalkan Balasan