10 Warga Bandung Barat Korban Longsor Belum Ditemukan

KILATNUSANTARA.COM, Jakarta: Petugas tim SAR gabungan belum berhasil menemukan sepuluh warga yang diduga tertimbun tanah longsor. Mereka merupakan warga Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat.

“Saat ini kami masih mencari 10 orang yang masih terkubur. “Kami masih dalam proses pencarian yang belum ditemukan,” kata Humas Pakar Muda Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Jawa Barat, Hadi Rahmat, dalam perbincangan dengan Pro3 RRI, Senin ( 25/3/2024).

Hadi mengaku tim kesulitan mencari korban yang tertimbun tanah longsor. Kontur lahannya berada di perbukitan sehingga tim harus berhati-hati.

Longsor di Desa Sibenda, Kawasan Bandung Barat, Jawa Barat menyebabkan delapan rumah rusak parah dan menyebabkan 495 orang mengungsi. (Foto: BPBD Jabar).

Jadi tim SAR menggunakan alat sederhana seperti cangkul dan alat penyemprot air. “Jangan menggunakan alat berat dan tambahkan cangkul karena dikhawatirkan jika menggunakan alat berat akan tertimbun,” ujarnya.

Dampak longsor lainnya adalah delapan unit rumah rusak parah, 115 kepala keluarga atau 429 jiwa mengungsi. Mereka tidak hanya berasal dari Desa Chibenda, namun juga dari desa lain yang khawatir akan dampak longsor.

BPBD memastikan kebutuhan warga terdampak terpenuhi karena logistik dan dapur umum telah disiapkan.


Tinggalkan Balasan