Indonesia-Kazakhstan Sepakat Perkuat Kerja Sama Bilateral

KILATNUSANTARA.COM, Jakarta: Indonesia dan Kazakhstan sepakat untuk memperkuat kerja sama bilateral di berbagai bidang. Demikian hasil pertemuan ke-2 konsultasi bilateral Indonesia-Kazakhstan yang digelar di Jakarta, Selasa (4/2/2024).

Pertemuan tersebut dipimpin bersama oleh Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI, Abdul Kadir Jailan. Wakil Menteri Luar Negeri Kazakhstan Alibek Bakaev juga bersikap hangat dan ramah.

Pertemuan tersebut membahas dan mendorong kemajuan kerja sama di bidang politik dan keamanan, ekonomi, peningkatan perdagangan, investasi dan pariwisata. Kemudian, kerja sama sosial budaya dan konsuler, serta kerja sama di berbagai forum internasional.

“Pertemuan tersebut mencatat hubungan baik dan kemajuan kerja sama di berbagai bidang yang telah terjalin selama lebih dari 30 tahun. Kedua delegasi mencatat pentingnya mendorong interaksi dan saling kunjungan antara pejabat tinggi, anggota parlemen, dan dunia usaha, demikian keterangan resmi Kementerian Luar Negeri RI yang dikutip RRI.co.id, Minggu (7 / 4/ 2024).

“Kedua delegasi sepakat untuk menjajaki kemungkinan pembentukan komisi gabungan menteri luar negeri. “Serta penyelesaian sejumlah proyek perjanjian kerja sama bilateral.

Di bidang ekonomi, kedua belah pihak sepakat untuk mendorong peningkatan kerja sama di bidang transportasi dan konektivitas. Pertambangan dan energi, serta ekonomi digital dan kreatif.

Pertemuan tersebut membahas potensi kerja sama BUMN dan kamar dagang kedua negara, “Serta mendorong tercapainya kesimpulan perundingan Bilateral Investment Treaty dan Free Trade Agreement Indonesia-EAEU,” demikian pernyataan Kementerian RI. Kementerian Luar Negeri menambahkan. .

Kedua belah pihak juga membahas sejumlah inisiatif pada tahun 2024, yakni diselenggarakannya pertemuan kedua Joint Commission for Economic Cooperation (JCEC). Termasuk keikutsertaan delegasi bisnis Kazakh dalam Indonesia-South and Central Asia Forum (INASCA) dan Trade Expo Indonesia (TEI).

Pertemuan kedua konsultasi bilateral Indonesia-Kazakhstan digelar di Jakarta pada Selasa (4/2/2024). (Foto: Kementerian Luar Negeri RI/Ist)

Pertemuan tersebut sepakat untuk mendorong penyelesaian Perjanjian Layanan Udara dan menyusun kebijakan visa, sehingga mendorong peningkatan kunjungan. Kedua negara juga sepakat untuk menjajaki rute logistik yang lebih efisien untuk mendorong peningkatan perdagangan barang.

Di bidang sosial budaya pertemuan tersebut dicapai kesepakatan mengenai perlunya dibuat nota kesepahaman mengenai pendidikan tinggi sebagai payung hukum kerjasama antar perguruan tinggi. Serta menyatakan kesiapan untuk segera menandatangani Nota Kesepahaman di bidang kerja sama olahraga.

“Kedua negara menyambut baik kerja sama lebih lanjut antara Ibu Kota Indonesia (IKN) dan Astana. “Serta mendorong terlaksananya rencana investasi dan kerja sama konkrit di IKN,” tutup Kementerian Luar Negeri RI dalam keterangan resmi.


Tinggalkan Balasan