Peminat Belajar Bahasa Indonesia Signifikan di Spanyol

KILATNUSANTARA.COM, Madrid: Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Madrid, Spanyol kembali menyelenggarakan kursus Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) 2024, Selasa (4/2/2024). Kelas BIPA akan diselenggarakan secara campuran dengan 75 peserta yang difasilitasi dari Spanyol serta Chile, Ekuador, Peru dan Indonesia.

Duta Besar Indonesia untuk Spanyol Muhammad Najib menekankan pentingnya internasionalisasi bahasa Indonesia untuk mempererat hubungan Indonesia dan Spanyol. Tidak hanya untuk meningkatkan hubungan bisnis dan politik, tetapi juga untuk mempromosikan pariwisata dan budaya.

“Belajar bahasa ibarat pintu memasuki budaya baru, dunia baru,” kata Najib dalam laman Kementerian Luar Negeri RI, seperti dikutip RRI.co.id, Senin (04/07/2024).

Kelas BIPA dilaksanakan pada tanggal 4 April – 28 Juni 2024 dan peserta dibagi menjadi 3 tingkatan kelas. Yaitu untuk pemula, lanjutan I dan lanjutan II.

Selain kegiatan belajar mengajar, kelas juga akan diisi dengan menonton film dan karaoke lagu Indonesia bersama. “Tidak hanya sebagai promosi budaya, kami berharap kegiatan belajar mengajar yang menyenangkan ini dapat membantu peserta lebih mudah memahami bahasa Indonesia,” kata Najib.

Duta Besar Indonesia untuk Spanyol Muhammad Najib (kiri) turut menghadiri peluncuran kursus Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) tahun 2024 pada Selasa (4/2/2024). (Foto: KBRI Madrid/Ist)

Sebagai tambahan motivasi bagi para peserta, tim BIPA Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga mengumumkan agenda “Festival Handai Indonesia 2024” pada pembukaan kelas. Festival yang digelar di Bali ini ditujukan untuk Warga Negara Asing (WNA) berbahasa Indonesia.

Sedangkan mulai 20 November 2023, bahasa Indonesia menjadi salah satu dari 10 bahasa resmi General Conference UNESCO. Pengakuan internasional ini semakin menegaskan manfaat penguasaan bahasa Indonesia.


Tinggalkan Balasan