Indonesia Ketua Kelompok Kerja Pariwisata dan Budaya ASEAN-Korea

Indonesia Ketua Kelompok Kerja Pariwisata dan Budaya ASEAN-Korea

KILATNUSANTARA.COM, Seoul: Indonesia terpilih memimpin Kelompok Kerja Pariwisata dan Kebudayaan ASEAN-Korea Center (AKC) di Seoul, Korea Selatan pada sesi pertamanya pada Rabu (17/01/2024). Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Seoul ditunjuk sebagai ketua dan Kedutaan Besar Laos sebagai wakil ketua.

Koordinator Fungsi Ekonomi Kreatif dan Digital KBRI Seoul, Joannes Ekaprasetya Tanjung menjelaskan, kepemimpinan Indonesia akan menjadi jembatan menuju pariwisata. Yakni, pengungkapan minat terkait pariwisata dan budaya dari negara-negara anggota Seoul ASEAN Committee hingga AKC.

Dalam kepemimpinannya, Indonesia mengedepankan program unggulan seperti integrasi budaya dan pengalaman pariwisata ASEAN-Korea. Indonesia juga akan memimpin strategi kerja sama di bidang pariwisata dan kebudayaan antara negara anggota ASEAN dan Korea Selatan.

“Kepemimpinan Indonesia dalam Kelompok Kerja Pariwisata dan Kebudayaan AKC mencerminkan pengakuan atas peran penting Indonesia. “Dalam memperkuat kerja sama negara-negara ASEAN dan Korea Selatan di bidang pariwisata dan kebudayaan,” demikian keterangan resmi KBRI Seoul, seperti dikutip RRI.co.id di situs Kementerian Luar Negeri RI, Jumat ( 19/1/2024).

“KBRI Seoul sebagai motor penggerak promosi pariwisata, budaya, dan ekonomi kreatif Indonesia bertekad untuk memajukan kerja sama ini. Yakni dengan berbagai kegiatan seperti acara Colourful North Sulawesi dan Indonesia Night in Daegu.”

Sesi pertama Kelompok Kerja Pariwisata dan Kebudayaan ASEAN-Korea Center (AKC) di Seoul, Korea Selatan, Rabu (17/1/2024). (Foto: KBRI Seoul/Ist)

Indonesia berharap kepemimpinannya di AKC dapat memberikan dampak positif dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan pembangunan. Serta mempererat hubungan ASEAN dan Korea Selatan di bidang pariwisata dan kebudayaan.

Pada tahun 2023, Indonesia akan fokus pada tema “ASEAN Matters the Epicenter of Growth” dan akan menyelenggarakan acara-acara menarik seperti ASEAN Week 2023. Kemudian membuat video promosi pariwisata, ASEAN Digital Library dan Sustainable Tourism Development Forum.

Agenda tahun 2024 meliputi promosi pariwisata, pertukaran budaya dan program menarik lainnya, demikian pernyataan KBRI Seoul.


Tinggalkan Balasan