BPIP: Literasi Pancasila untuk Generasi Muda Perlu Diperkuat

BPIP: Literasi Pancasila untuk Generasi Muda Perlu Diperkuat

KILATNUSANTARA.COM, Jakarta: Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menilai perlunya penguatan literasi Pancasila pada generasi muda. Oleh karena itu, generasi muda hendaknya diberikan pemahaman tentang Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara, termasuk pengakuan terhadap asal usul dan tradisi bangsa.

Hal tersebut diungkapkan Kepala BPIP Yudian Wahyudi saat penyerahan 7 buku terbitan BPIP kepada Perpustakaan Nasional Indonesia (Perpusnas) pada Selasa (23/1). Acara yang berlangsung di Auditorium Perpustakaan Nasional ini dihadiri oleh Kepala BPIP dan Perpustakaan Nasional RI, para sejarawan dan akademisi.

“Pemindahan buku terbitan BPIP ke Perpustakaan Nasional RI dan ANRI pada dasarnya merupakan tanggung jawab BPIP. Khususnya untuk memenuhi ketentuan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2018 tentang Perpindahan Karya Cetak dan Karya Rekam,” kata Yudian.

Ketujuh buku terbitan BPIP adalah Garuda Pancasila: Sejarah Penciptaan Lambang Negara; dan Salam Kemerdekaan dan Salam Pancasila. Lalu ada buku berjudul Menemukan Kembali Api Pancasila Melalui Kumpulan Pidato Bung Karno.

Buku lainnya adalah Pancasila, Dialektika dan Masa Depan Bangsa dan Sigma Pancasila, Mengalami Keberagaman dan Memperkuat Keindonesiaan. Sedangkan buku terakhir diberi judul Ketuhanan dalam Kerangka Pancasila, Perspektif Lintas Agama, Supremasi Hukum dalam Kerangka Pancasila;

“Kami berharap dengan penyerahan buku ini menjadi salah satu upaya meningkatkan literasi Pancasila. “Selanjutnya juga dapat menjadi wadah transfer ilmu, pengetahuan dan wawasan Pancasila kepada masyarakat,” kata Yudian.

Dari keseluruhan buku, Buku Salam Merdeka dan Salam Pankasila dibuat dalam bentuk komik warna-warni. Konten tersebut merupakan pengembangan dari materi audiovisual Salam Pancasila yang sering diputar dalam setiap kegiatan sosialisasi Pancasila.

“Media komik dipilih untuk memperluas cakupan pesan yang ingin kami sampaikan. “Khususnya untuk menjangkau generasi muda yang menyukai gambar animasi,” ujar Direktur Riset Bahan Pembinaan Ideologi Pancasila Aris Heru Utomo.

Buku yang menarik adalah Menemukan Kembali Api Pancasila Melalui Pidato Bung Karno. Aris mengatakan, penyusunan buku ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang pemikiran Pancasila oleh pendirinya yaitu Ir. Sukarno.

Melalui buku ini, kami berharap masyarakat dapat memperoleh paket lengkap pemikiran Bung Karno tentang Pancasila melalui pidato-pidatonya, kata Aris.

Ketujuh buku yang diserahkan kepada Perpustakaan Nasional RI tersebut dapat dibaca secara digital di website BPIP https://bpip.go.id/buku/. Sehingga dapat dengan mudah diakses oleh seluruh masyarakat Indonesia.


Tinggalkan Balasan