Mantan Mendag ‘Nyoblos’ Bareng WNI di San Francisco

KILATNUSANTARA.COM, San Francisco: Mantan Menteri Perdagangan (Mendag), Geetha Viriyavan, saat ini berada di San Francisco, Amerika Serikat (AS). Meski demikian, hal tersebut tidak menghalanginya untuk menggunakan hak pilihnya pada pemilu 2024.

Gita terlihat mencoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berlokasi di Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di San Francisco. Ditemani istrinya Yasmin Stamboel, ayah tiga anak ini mengikuti proses mulai dari pendaftaran, pencoblosan hingga pencelupan tinta.

Usai memilih, keduanya berbincang dengan Konjen RI di San Francisco, Prasetio Hadi. Bersama anggota Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) San Francisco, mereka berfoto bersama sebelum Geeta dan istrinya meninggalkan TPS.

Tak hanya mantan Ketua Dewan Koordinasi Penanaman Modal (ICBC) yang memberikan suara di sana. Ratusan Warga Negara Indonesia (WNI) terlihat memenuhi gedung KJRI San Francisco pada Sabtu (10/2/2024) untuk menggunakan hak pilihnya.

Mantan Mendag ‘Nyoblos’ Bareng WNI di San Francisco

Warga Negara Indonesia (WNI) di San Francisco menggunakan hak pilihnya dengan memilih di TPS setempat (Foto: PPLN San Francisco)

Ketua PPLN San Francisco Billy Mukhtar mengatakan, jumlah pemilih di kota itu mencapai 5.496 orang. Terdiri dari 586 orang yang memilih di TPS dan sisanya menyelesaikan pemilihan melalui pos.

Sedangkan total pemilih yang datang ke tempat pemungutan suara hingga penutupan mencapai 405 orang, ujarnya. Terkait surat suara yang belum digunakan atau dikembalikan ke PPLN, saat ini masih dihitung.

Rencananya pemungutan suara di San Francisco akan digelar mulai pukul 09.00 hingga 19.00 waktu setempat. Namun menjelang sore harinya, rombongan mahasiswa dan masyarakat Indonesia tiba di waktu yang bersamaan.

Akibatnya, antrian panjang tak bisa dihindari. Pemungutan suara akhirnya ditutup pada pukul 22.15 atau tiga jam lebih cepat dari jadwal, kata Billie.


Tinggalkan Balasan