Posisi Indonesia di Klasemen Peringkat Tiga Terbaik Mengkhawatirkan

Posisi Indonesia di Klasemen Peringkat Tiga Terbaik Mengkhawatirkan

KILATNUSANTARA.COM, Jakarta: Posisi Timnas Indonesia di peringkat tiga besar Piala Asia 2023 terancam. Tim Garuda perlu mencuri poin melawan Jepang untuk mengamankan tiket ke babak 16 besar.

Tim besutan Shin Tae-yong akan menghadapi Jepang pada laga final Grup D Piala Asia 2023. Laga Indonesia kontra Jepang akan dihelat di Stadion Al Thumama, Rabu (24/1/2024) pukul 18.30 WIB.

Tim Garuda otomatis lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 dengan menempati posisi kedua Grup D jika mampu mengalahkan tim Samurai Biru. Namun, meraih kemenangan atas Jepang membutuhkan usaha ekstra.

Namun Indonesia masih bisa lolos ke babak 16 besar jika mampu menahan Wataru Endo dan lainnya. Timnas Indonesia bisa mengamankan posisi ketiga terbaik dengan total empat poin jika skenario itu terjadi.

Di atas kertas, Jepang merupakan lawan berat bagi Indonesia. Sepak bola kedua negara ibarat surga dan bumi di level Asia.

Indonesia sebenarnya berharap bisa lolos sebelum bersaing dengan Jepang. Namun hal tersebut tidak terjadi setelah pertandingan Suriah – India dan Palestina – Hong Kong tidak berakhir imbang.

Mau tidak mau Indonesia harusnya bisa memetik poin, meski tetap bisa berharap dengan hasil Kyrgyzstan kontra Oman keesokan harinya. Namun tentu lebih baik mendapatkan tiket lolos melalui usaha Anda sendiri.

Sejauh ini, dua peringkat ketiga terbaik diamankan oleh Suriah (Grup B) dan Palestina (Grup C) yang masing-masing meraih empat poin. Artinya, masih ada dua tempat tersisa yang harus diperebutkan Timnas Indonesia.

Indonesia akan lolos jika di laga grup lainnya Yordania mengalahkan Bahrain (Grup E) atau Oman bermain imbang melawan Kyrgyzstan (Grup F). Hal ini bisa terwujud jika kita berasumsi Skuad Garuda menahan imbang Jepang.

Skenario lain yang mungkin terjadi adalah Indonesia kalah dari Jepang di laga terakhir Grup D. Jika itu terjadi, Indonesia masih berpeluang lolos ke jalur terbaik menuju peringkat ketiga meski cukup sulit.

Jika Indonesia kalah satu gol dari Jepang, tim Garuda harus berharap Jordan menang dua gol melawan Bahrain. Selain itu, tim besutan Shin Tae-yong juga harus berharap laga Oman vs Kyrgyzstan berakhir imbang.

Berikut klasemen sementara tiga besar Piala Asia 2023:


Tinggalkan Balasan