Jalan Protokol Target Pertama Pembersihan Alat Peraga Kampanye

Jalan Protokol Target Pertama Pembersihan Alat Peraga Kampanye

KILATNUSANTARA.COM, Jakarta: Memasuki masa tenang Pemilu 2024, aparat gabungan mulai membersihkan perlengkapan display kampanye (APK), khususnya jalan protokol. Di Jakarta Selatan, pembersihan APK dilakukan anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) mulai pukul 00.00 WIB, Minggu (11/2).

Mulai dari Wali Kota, Kapolres, Dandim, Bawaslu Jakarta Selatan hingga anggota parpol langsung menurunkan tiang dan spanduk kampanye. Sasaran pertama adalah seluruh Wali Kota Jakarta Selatan, Kapolres, dan Dandim yang akan memimpin langsung pembersihan alat peraga iklan di sejumlah ruas jalan di Jakarta Selatan.

“Semua tingkatan hingga tingkat kecamatan turun ke jalan untuk membersihkan APK-APK tersebut. Besok paginya kami usahakan seluruh jalan protokol sudah bersih dari APK,” kata Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin saat disambut RRI saat pencopotan APK di Jalan Gatot Subroto, Minggu (11/2) dini hari.

File APK Forkompimda Jakarta Selatan sedang dibersihkan di Jalan Gatot Subroto, Minggu pagi. (Foto: RRI/Anto)

Puluhan petugas gabungan dan sejumlah truk sampah dikerahkan untuk membersihkan ribuan spanduk dan bendera kampanye. Dalam waktu satu jam, sekitar 500 meter Jalan Gatot Subroto dibersihkan APK.

Tak jauh dari situ, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurthy Yudhoyono (AHY) juga tampak memimpin langsung pembersihan APK partainya. Bersama sejumlah pengurus DPP Partai Demokrat, AHY menurunkan sejumlah bendera partai di sepanjang Jalan Tendean, Mampang.

AHY juga terlihat menginstruksikan kadernya agar tidak ada satu pun APK partainya yang terlewat. Ia bahkan memotong tali pengikat bendera partai dan menaruhnya di truk sampah.

Jalan Protokol Target Pertama Pembersihan Alat Peraga Kampanye

AHY saat memimpin kadernya membersihkan APK Partai Demokrat di kawasan Mampang, Minggu pagi (11/2)

AHY mengaku turun langsung karena ingin memberikan contoh kepada para pegawainya agar bisa melakukan hal serupa di daerahnya. Sebab kalau hanya sekedar instruksi, kata dia, tidak bisa dilakukan sepenuhnya menunjukkan kepada semua pihak pentingnya upaya ini.

“Karena ini bagian dari kedewasaan kita dalam berpolitik bahwa dalam pemilu ada aturan yang harus kita patuhi. Dan masyarakat juga akan senang karena bapak-bapak politisi tidak hanya pandai berbicara, tapi juga bisa menjadi contoh yang baik,” kata AHY.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengingatkan partai politik dan calon anggota parlemen untuk membersihkan sendiri APK-nya. Diharapkan pada masa tenang ini, tidak ada lagi alat peraga kampanye yang dipasang di tempat umum.


Tinggalkan Balasan