(sudah dibuat pradipta) Prabowo Subianto Dianugerahi Pangkat Jenderal TNI Kehormatan.

KILATNUSANTARA.COM, Jakarta; Menteri Pertahanan RI Letjen TNI (purn) Prabowo Subianto mendapat kenaikan pangkat khusus berupa Jenderal Kehormatan TNI. Hal ini sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 13/TNI/2024 tanggal 21 Februari 2024 tentang penganugerahan khusus pangkat Jenderal Kehormatan TNI.

Kenaikan pangkat tersebut diberikan kepada Presiden RI Joko Widodo pada Rapat Pimpinan TNI-Polri (Rapim) di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Rabu (28/2). Hadir dalam acara tersebut antara lain Menko Polhukam, Wakil Ketua MPR, Ketua Komisi 1 dan Komisi 3 DPR, serta peserta Rapim sebanyak 362 orang.

“Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi sekaligus pengakuan atas pengabdian penuh saudara kepada bangsa dan masyarakat Indonesia. Saya salut kepada Jenderal Kehormatan TNI Prabowo Subianto,” kata Presiden Joko Widodo.

Umum (kiri). Hor. Prabowo Subianto bersama Menko Polhukam, Panglima TNI dan Kapolri usai mengunjungi Rapim TNI. Foto: RRI/Anto

Menurut Presiden, pada tahun 2022, Prabowo akan menerima penghargaan Yudha Dharma Utama Bintang atas jasa-jasanya di bidang pertahanan. Sehingga hal ini memberikan kontribusi yang luar biasa bagi kemajuan TNI dan kemajuan negara.

Pemberian bintang jasa, lanjut Presiden, telah melalui peninjauan oleh Badan Penghargaan dan Dekorasi Jasa. Dan semua prosesnya juga mengacu pada UU No. 20 Tahun 2009 tentang gelar, sertifikat resmi, dan penghargaan.

Presiden juga mengatakan, sebagai tindak lanjut penerimaan penghargaan Bintang Jasa, Panglima TNI menyarankan agar Prabowo diberikan kenaikan pangkat khusus.

Menteri Pertahanan RI, Panglima TNI, dan Kapolri meninjau sejumlah alutsista di Mabes TNI. Foto: RRI/Anto

“Atas usulan Panglima TNI, saya setuju untuk memberikan kenaikan pangkat khusus berupa Jenderal Kehormatan kepada TNI. Jadi semuanya dimulai dari bawah,” kata Presiden yang juga Panglima Tertinggi TNI itu.

Upacara penghargaan khusus tersebut ditandai dengan pembacaan keputusan presiden. Kemudian presiden melepas tanda pangkat lama milik Prabowo dan menggantinya dengan tanda pangkat bintang empat.

Di penghujung Rapim, Prabowo yang mengenakan seragam lengkap TNI berfoto bersama Panglima TNI, Kapolri, dan Kepala Staf Trimatra. Prabowo juga sempat meninjau sejumlah alutsista TNI yang dipajang di lapangan depan gedung tempat Rapim digelar.


Tinggalkan Balasan