Whoosh Sambut Lebaran Perdana, Pilihan Moda Transportasi Publik

KILATNUSANTARA.COM, Jakarta: Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan Whoosh bisa menjadi pilihan moda transportasi penumpang. Whoosh juga menjadi angkutan umum modern yang siap melayani penumpang perdananya di Idul Fitri 2024.

“Tahun ini pertama kalinya KA Whoosh melayani arus mudik lebaran dengan 52 perjalanan per hari. Kapasitasnya 31.222 (penumpang) per hari,” kata Kartika Wiroatmojo pada acara Headline Tim Kesiapsiagaan Angkutan Lebaran 2024 di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (4/5/2024).

Melalui aplikasi Whoosh, dilihat RRI, harga tiket mengalami kenaikan bertepatan dengan Idul Fitri tahun ini. Tiket Kelas Ekonomi Premium dibanderol mulai dari Rp 250.000 hingga Rp 300.000 per orang.

Wakil Menteri BUMN Karthika Wirjoatmojo saat meresmikan Upacara Persiapan Pos Angkutan Tahun 2024 di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (4/5/2024) (Foto: RRI/Danang Sundoro)

General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan, pelayanan penumpang akan dimaksimalkan selama libur Idul Fitri. Meski harga tiket mengalami kenaikan, namun jumlah penumpang selama Ramadan terus meningkat.

“Memasuki H-5 Ramadhan, peningkatan jumlah penumpang terus terlihat di stasiun. Melalui kegiatan ini KCIC berharap penumpang merasa nyaman dan setia dengan layanan Whoosh yang terus memberikan pengalaman baru,” kata Eva dalam keterangannya kepada RRI, Kamis (4/4/2024).

Kereta Cepat Whoosh merupakan layanan kereta cepat pertama di Indonesia dan Asia Tenggara. Whoosh bekerja pada kecepatan hingga 350 km/jam.

Whoosh memiliki jalur sepanjang 142,3 km dengan 13 terowongan. Whoosh melayani empat stasiun yaitu Halim, Karawang, Padalarang dan Tegalluar.

Kereta peluru Whoosh juga terhubung dengan sejumlah moda transportasi lainnya. Beberapa di antaranya adalah LRT Jabodebek, Commuter Line Bandung Raya, Bus Rapid Transit, Shuttle dan taksi.


Tinggalkan Balasan