Pramuka SMK Ma’arif NU 1 Cilongok Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Pramuka SMK Ma'arif NU 1 Cilongok Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Banyumas // kilatnusantara.com

Gerakan Pramuka Ambalan Sunan Giri-Dewi Sartika, pangkalan SMK Ma’arif NU 1 Cilongok menyelenggarakan kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, sekaligus Peringatan Hari Lahir Gugus depan yang ke-32, pada Sabtu-Minggu (1-2 Oktober 2022) di aula sekolah setempat. Kegiatan ini dihadiri sekitar 110 peserta terdiri dari Dewan Ambalan, Sangga Aditama, Calon Penegak Bantara, perwakilan Organisasi, dan dimeriahkan oleh Group Hadroh Syifaul Qulub SMK Ma’arif NU 1 Cilongok. Turut hadir juga Pembina Pramuka, Kepala Sekolah dan Pembina dari masing-masing organisasi.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Sekolah H Fathul Aziz, S.Ag selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugusdepan (Mabigus). Dalam sambutannya ia menyampaikan pesan untuk para peserta yang hadir, khususnya untuk Anggota Gerakan Pramuka.

Pramuka SMK Ma'arif NU 1 Cilongok Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

“Semoga dengan bersama-sama kita memperingati hari lahir atau hari ulang tahun ke-32 gugus depan SMK Ma’arif NU 1 Cilongok ini, nilai-nilai yang ada dalam pramuka, kita setidaknya bisa kita aplikasikan dalam kehidupan keseharian sebagai pelaksanaan dan pengamalan Tri Satya dan Dasa Darma.

“Kalau kita kaji satu per satu, syariat Islam pada hakikatnya akan ketemu ketika kita bicara tentang Dasa Dharma dan Tri Satya. Inti manusia sebagai seorang hamba adalah bagaimana kita mengabdikan diri kita kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala,” jelas H Fathul Aziz, S.Ag

Sementara Linda Fatur Rokhmah selaku ketua sangga kerja menjelaskan rangkaian kegiatan ini terdiri dari berbagai kegiatan mulai registrasi, upacara adat, pembukaan, Materi Manajemen Berorganisasi, Ibadah dan doa bersama, pembacaan maulid, refleksi peringatan harlah gudep, pemotongan tumpeng, sarasehan, senam pagi, upacara adat dan penutupan.

“Kegiatan pemotongan tumpeng merupakan sebagai salah satu simbol diperingatinya Hari Lahir Gugus depan SMK Ma’arif NU 1 Cilongok yang ke 32”. pungkasnya.

Linda juga menyampaikan Mengani tema dari kegiatan ini yaitu Melalui Peringatan Hari Lahir Gugus depan kita kuatkan tali persaudaraan.

Kegiatan ini ditutup oleh Pembina pramuka Ali Imron, S.kom Minggu (02-10-2022).

“Kami mengucapkan Terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam menyukseskan kegiatan Peringatan Hari Lahir Gugus depan yang ke-32 dan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW SMK Ma’arif NU 1 Cilongok,” katanya

( Arif KN )

Tinggalkan Balasan