TMMD Sengkuyung III di Desa Karangtengah Cilongok Akan Bangun Jalam Penghubung Karangtengah-Sambirata

Banyumas // kilatnusantara.com

Bupati Banyumas Ir Achmad Husein membuka kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa tahap III di Lapangan Desa Karangtengah Cilongok pada Selasa 11 Oktober. Kegiatan ini akan dilakukan selama satu bulan lamanya dengan sinergi antara TNI, Polri, Instansi pemerintahan maupun swasta dan warga setempat.

Menurut Dandim Letkol Kolonel Inf Iwan Dwi Prihartono sasaran pokok dari program TMMD Sengkuyung tahap III ini adalah pembangunan jalan rabat beton dengan panjang 838m, luas 3m dan tinggi 20cm dengan sasaran tambahan pembangunan 3 titik taulud, drainase, pembangunan rumah tidak layak huni (RTLH) dari BPR BKK, Baznas dan Dinperkim serta pembangunan plat beton 7 titik.

‘’Untuk kegiatan non-fisik ada penyelenggaraan pasar murah, penyuluhan dan pelatihan dari OPD terkait serta pelayanan KB/Kes gratis,’’jelasnya.

Dalam sambutannya Husein mengatakan bahwa TMMD sengkuyung merupakan bagian dari cara pemerintah merawat dan mengikat kebersamaan serta kegotong-royongan untuk mengatasi persoalan-persoalan kebangsaan.

‘’Mari kita bangun sarana prasarana, fasilitas umum dan sosial yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat desa,’’ ucapnya.

Ia juga menjelaskan pada TMMD Sengkuyung III ini selain pembangunan fisik juga akan diisi dengan program dan kegiatan yang menggugah wawasan kebangsaan dan nilai-nilai nasionalisme.

Ditemui seusai acara Kepala Desa Karangtengah Kartoyo menjelaskan nantinya jalan rabat beton ini akan memiliki 2 fungsi, yakni jalan tani dan jalan penghubung antara Desa Karangtengah dan Desa Sambirata.

‘’Hal ini tentunya akan berpengaruh sekali untuk arus ekonomi dan penghubung komplek wisata yang ada di Gunung Lurah Sambirata nantinya dapat langsung menggunakan jalur itu langsung ke Germanggis Cipendok Desa Karangtengah,’’ jelasnya.

Antusias warga juga sangat tinggi terhadap program ini, terbukti dengan ikutnya warga dalam pengerasan serta pembukaan lahan baru.

( Arif KN )

Tinggalkan Balasan