Bupati Banyumas Pimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda

Banyumas, // kilatnusantara.com

Bupati Banyumas Ir Achmad Husein menjadi inspektur upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022. Peringatan Hari Sumpah Pemuda kali ini mengusung Tema “Bersatu Bangun Bangsa”. Dalam upacara yang digelar di halaman Pendopo SiPanji Purwokerto Jumat 28 Oktober 2022 ini, Husein menyampaikan pesan Menpora agar seluruh elemen bangsa mendorong pemuda Indonesia untuk mengembangkan berbagai potensi yang ada.

Pada upacara ini bertindak sebagai komandan upacara AKP Munasihun, SH, petugas Pengibar bendera dari Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kabupaten Banyumas, pembaca Pembukaan UUD 1945 dari Pramuka Kwarcab Banyumas, dan pembaca Naskah Teks Putusan Kongres Pemuda Indonesia dari Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI). Upacara tersebut diikuti oleh Jajaran Forkopimda, Kepala OPD Kabupaten Banyumas, dan Ketua DPRD Kabupaten Banyumas. Dengan peserta terdiri dari TNI, POLRI, Satpol PP, DINHUB, ASN, Pemuda Pancasila, BANSER, KOKAM, KNPI, PPI, Pramuka, dan OSIS.

Bupati Husein dalam amanatnya, membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, mengatakan tema peringatan Hari Sumpah Pemuda saat ini adalah “Bersatu Bangun Bangsa”. Tema ini memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan, dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia. Ia mengajak seluruh elemen bangsa menghimpun kekuatan dan semangat untuk bergerak, mendorong pemuda Indonesia untuk mengembangkan berbagai potensi yang ada demi membangun kejayaan sepanjang masa.

Menurutnya, pembangunan kepemudaan membutuhkan orkestrasi yang sinkron dan harmoni. Serta kerja-kerja kolaboratif antar pihak perlu dikembangkan, karena upaya pembangunan pemuda tidak bisa dilakukan secara sendiri-sendiri atau
parsial.

Dalam acara tersebut juga dilakukan pemberian tali asih untuk atlet-atlet peraih medali dalam Kejuaraan Provinsi National Paralympic Committee Indonesia atau NPCI Jawa Tengah yang digelar di Kota Surakarta Rabu-Kamis kemarin.

( Arif KN )

Tinggalkan Balasan