Kodam Jaya Gelar Persami, Ajak Pramuka Peduli Lingkungan

Kodam Jaya Gelar Persami, Ajak Pramuka Peduli Lingkungan

KILATNUSANTARA.COM, Jakarta: Kodam Jaya menggelar Perkemahan Sabtu-Minggu (Persami) Pramuka Saka Wira Kartika, di Taman Pancasila, Cibitung, Bekasi. Acara ini diikuti lebih dari 200 pramuka tingkat promosi dan lamaran se-Jakarta.

Selama dua hari, mereka menjalani berbagai pelatihan seperti survival, navigasi darat, pendakian gunung, dan manajemen bencana. Peserta juga diajak untuk menanam pohon dan bekerja sama dengan masyarakat untuk membersihkan lingkungan.

“Kegiatan Persami bertujuan untuk memberikan pengalaman dan pemahaman kepada generasi muda. “Khususnya dalam hal nilai-nilai kejujuran, tanggung jawab, disiplin serta menanamkan sikap kepedulian terhadap kelestarian lingkungan hidup,” kata Kassad dalam pidato tertulis yang dibacakan Kasdam Jaya, Brigjen Tatang Subarna, di Taman Pancasila, Chibitung, Bekasi , Sabtu (2 Maret 2024).

Kassad meminta pramuka yang terlibat di Persami memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya. Hal ini merupakan kesempatan untuk menggali ilmu dan keterampilan sebanyak-banyaknya selama kegiatan berlangsung.

Kasdam Jaya saat menanggapi wartawan sempat membuka Persami Saka Wira Kartika. (Foto: RRI/Anto)

“Kegiatan ini diharapkan dapat membentuk generasi muda bangsa yang berkepribadian baik, berakhlak mulia, disiplin, terampil dan mandiri serta mempunyai semangat tinggi menjaga negara, membentuk moral yang disiplin dan rasa peduli terhadap lingkungan hidup,” kata Brigjen. .-Jenderal TNI Tatang Subarna mengutip Panglima TNI Maruli Simanjuntak.

Saka Wira Kartika merupakan satuan kerja pramuka yang didukung oleh TNI Angkatan Darat dan personelnya. Untuk Pramuka tingkat provinsi, pembinaannya dilakukan oleh Komando Daerah Militer (Kodam).

Selain mendukung acara kepanduan, Kodam Jaya juga melakukan berbagai kegiatan sosial. Beberapa di antaranya adalah pembersihan lingkungan, pemeriksaan kesehatan gratis, dan pembagian barang-barang kebutuhan pokok.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Bekasi, Danrem 051, Danrem 052, serta Dandim dan Danramil. Turut hadir pula Pimpinan Dewan Pramuka Saka dan peserta Perkemahan Pramuka Saka Vira Kartika.


Tinggalkan Balasan