Organisasi Kempo Dunia Puji Perkembangan Pembinaan di Indonesia

Organisasi Kempo Dunia Puji Perkembangan Pembinaan di Indonesia

KILATNUSANTARA.COM, Jakarta: Organisasi Shorinji Kempo Dunia (WSKO) Jepang memuji perkembangan PB Perkemi dalam pengembangan kenshi. WSKO melihat perkembangan kenshi (sebagai atlet kempo) Indonesia semakin meningkat.

“Setelah melihat perkembangan Shorinji Kempo Indonesia, pasca pandemi Covid-19, kedepannya akan banyak tenaga muda yang mulai bertambah. Nasehat kepada Shorinji Kempo Indonesia agar terus melanjutkan upaya yang telah dilakukan oleh para pendiri yaitu Bapak Indra Kartasasmita,” kata Sensei Kuma So, Presiden WSKO, di Pusdiklat Shorinji Kempo, Pondok Gede, Kota Bekasi, Minggu (4/2). / 2024).

“Para pemimpin Perkemi dapat memberikan pembelajaran kepada para peserta dan juga dapat memberikan manfaat bagi bangsa Indonesia. Ini yang diharapkan WSKO,” kata Sensei Kuma So menjawab pertanyaan RRI.

Sensei Kuma So menghadiri kegiatan ujian promosi dan studi internasional yang diselenggarakan di Pusdiklat Kempo. Mendapat pujian tersebut, Pendiri PB Perkemi meminta para kenshi lebih berani tampil “di luar” dojo.

Baca juga: Bali akan menjadi tuan rumah Kejuaraan Kempo Pelajar Dunia

Kenshi Indonesia (sebutan atlet kempo) mengikuti ujian naik level dan latihan internasional di Pusdiklat Kempo, Pondok Gede, Kota Bekasi, Minggu (4/2/2024) (Foto: RRI/Danang Sundoro )

“Kalau bisa, para kenshi yang ada di desanya bisa menjadi tokoh pembaharu demi kemajuan dan kesejahteraan republik ini. Saya selalu cerewet dan menyemangati mereka agar tidak asal pindah ke dojo,” kata Shorinji Kempo Pengurus Besar Persaudaraan Indonesia (PB Perkemi) Indra Kartasasmita, pendiri di Pondok Gede.

Menurutnya, keberanian para kenshi tampil di luar dojo bisa menjadi pengalaman tambahan bagi mereka. Hingga saat ini, menurut Indra, WSKO selalu memuji kiprah prestasi Kenshi Indonesia.

“Di kejuaraan dunia, kami berada di posisi kedua. Kami benar-benar berusaha semaksimal mungkin untuk bisa bersaing dengan Jepang,” kata Indra.

Bukti prestasi kempo Indonesia, terakhir kali tampil pada tahun 2023, Indonesia berhasil meraih juara kedua Kejuaraan Dunia TAIKAI pada 8 Oktober 2023 di Jepang.

Indonesia bersaing dengan Jepang dari total 41 negara peserta. Pada Kejuaraan Dunia Kempo 2023, Indonesia meraih 12 medali yang terdiri dari empat emas, tiga perak, dan lima perunggu.


Tinggalkan Balasan