Pantau Pemungutan Suara, Azerbaijan Pasang Ribuan ‘Webcam’

Pantau Pemungutan Suara, Azerbaijan Pasang Ribuan 'Webcam'

KILATNUSANTARA.COM, Baku: Central Election Commission (CEC) atau Komisi Pemilihan Umum Pusat Azerbaijan telah melantik ribuan orang ‘kamera web’ atau kamera online. Ribuan kamera dipasang di sejumlah TPS pada Rabu (2/7/2024) untuk memantau proses pemungutan suara di Tanah Air.

“Berbagai upaya yang ada, ingin saya tekankan, kami juga telah memasang kamera web di 1.500 TPS. Dimana webcam ini akan menampilkan detail proses pemungutan suara di setiap TPS, kata Ketua CEC Azerbaijan Mazahir Panakhov dalam konferensi pers di ibu kota, Baku. Selasa (2 Juni 2024).

Melalui sistem ini, pemungutan suara juga akan disiarkan dan dipantau secara langsung di sejumlah TPS yang telah dipasang webcam. Panahov menjelaskan, sistem pengawasan ribuan kamera online akan ditayangkan pada pukul 8 pagi waktu setempat, bertepatan dengan dimulainya pemungutan suara di setiap TPS.

“Dengan kamera ini, kami akan menyiarkan langsung dari jam 8 pagi hingga seluruh prosedur selesai sesuai protokol dan dilaporkan ke KPK. Bahkan mengumumkan pelacakan online dan live streaming, ujarnya.

“Upaya ini merupakan bagian dari terciptanya transparansi dalam proses pemungutan suara masyarakat Azerbaijan.”

Poster jadwal pemungutan suara pemilu presiden di Azerbaijan dipasang CEC di setiap tempat umum, termasuk restoran atau kafe, seperti di pusat ibu kota Baku (Foto: RRI/Retno Mandasari)

Selasa, 6 Februari 2024 merupakan masa tenang bagi calon presiden Azerbaijan, dan calon dilarang berkampanye. Tujuh orang merupakan calon presiden, lima orang wakil politik, dan dua orang lagi merupakan calon perseorangan.

Tanggal 7 Februari adalah pemilihan presiden yang “luar biasa” bagi rakyat Azerbaijan. Dorongan ini menjadi istimewa karena untuk pertama kalinya digelar di 125 daerah pemilihan, termasuk Karabakh.


Tinggalkan Balasan