Survei: Ilham Aliyev Raih 93,9 Persen pada Pemilu Azerbaijan

Survei: Ilham Aliyev Raih 93,9 Persen pada Pemilu Azerbaijan

KILATNUSANTARA.COM, Baku: Keluar dari jajak pendapat atau penelitian melalui wawancara yang dilakukan lembaga “The Oracle Advisory Group” menunjukkan kemenangan Ilham Aliyev dalam pemilihan presiden di Azerbaijan (Pilpres). Aliyev meraih hingga 93,9 persen suara dari tujuh kandidat yang ada.

Hasil survei, Presiden Ilham Aliyev meraih 93,9 persen suara. Enam kandidat sisanya memperoleh persentase sebagai berikut, Zahid Oruj 1,8%. “Diikuti oleh Fazil Mustafa 1,5 persen, Gudrat Hasanguliyev 1,2 persen, Razi Nurulayev 0,9 persen, Elshad Musayev 0,4 persen dan Fuad Aliyev 0,3 persen,” kata perwakilan Oracle Consulting Group George Birnbaum pada konferensi tersebut. pers, Rabu (2/7/2024) malam di Hotel Hilton, Baku, Azerbaijan.

Survei tersebut dilakukan oleh The Oracle Advisory Group dengan mewawancarai 63.000 pemilih di seluruh negeri. Sementara itu, pada pemilu prapresiden, lembaga riset juga menemukan perolehan suara didominasi oleh Presiden Ilham Aliyev.

“Kemenangan di Karabakh memberikan dukungan yang sangat besar kepada presiden, namun mereka yang tinggal di luar Karabakh terus memandang Aliyev sebagai presiden. “Sebagai pribadi yang benar-benar peduli terhadap rakyat dan peduli terhadap mereka,” ujarnya.

“Jadi exit poll ini tidak mengejutkan kita sama sekali.”

Warga Baku tampak antusias sambil mengibarkan bendera di mobil, menyusul pengumuman hasil survei The Oracle Advisory Group terkait jajak pendapat yang didominasi Presiden Ilham Aliyev pada Pilpres 2024. (Foto: RRI/Retno Mandasari)

George menilai hasil pemilu yang didominasi suara Presiden Ilham Aliyev merupakan cerminan proses demokrasi di Tanah Air. Apalagi, kemenangan kembalinya Karabakh menciptakan posisi yang sangat kuat bagi Ilham Aliyev.

“Kami melihat lompatan besar setelah kemenangan di Karabakh, dan seperti yang saya katakan, kami melakukan pra-pemilu beberapa minggu lalu. “Kami mewawancarai ribuan orang di seluruh negeri dan Presiden Aliyev mendapat nilai 90 persen dalam survei tersebut,” katanya.


Tinggalkan Balasan