Pilpres Azerbaijan, Hampir 4 Juta Warga Sudah Memilih

Pilpres Azerbaijan, Hampir 4 Juta Warga Sudah Memilih

KILATNUSANTARA.COM, Baku: Total pemilih pada pemilihan presiden di Azerbaijan (Pilpres) mencapai lebih dari 60 persen hingga pukul 15.00 waktu setempat. Hal itu disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum Pusat (CEC) atau Komisi Pemilihan Umum Pusat Azerbaijan, Farid Orujov.

“Sebanyak 3.922.187 orang memilih, yaitu 60,54 persen dari total jumlah pemilih yang berhak memilih di seluruh negeri. Menurut informasi sampai pukul 15.00, kata Farid Orujov, seperti dilansir Kantor Berita Azerbaijan, Azertac, Rabu (7/2/2024).

Berdasarkan pantauan lapangan RRI, pemilih di Ibu Kota Baku mulai berdatangan ke tempat pemungutan suara (TPS) pada pukul 08.00 waktu setempat. Misalnya saja yang terpantau di TPS nomor 1 di daerah pemilihan Sabail nomor 7 yang terletak di SMP nomor 6.

Sebelum memasuki TPS, warga harus mendatangi loket panitera untuk memverifikasi data pemilih yang ada (Foto: RRI/Retno Mandasari)

Warga Baku Halilova Elnara mengungkapkan dirinya memilih calon presiden dari anggota parlemen saat ini, yakni Ilham Aliyev. Menurutnya, Ilham Aliyev berjasa besar bagi kemajuan Azerbaijan.

“Dari kemenangan kami, dewan internasional terakhir, perkembangan baik negara kami, semuanya berhubungan dengan presiden kami. “Saya juga memilih Presiden Ilham Aliyev,” kata Khalilova yang bekerja sebagai guru sekolah dasar.

“Karena telah mengubah kondisi kehidupan kita dan juga sektor politik kita di kancah internasional serta perkembangan lain di berbagai sektor kehidupan kita. Dimana semuanya berhubungan dengan dia, inilah alasan kami memilih Ilham Aliyev”.

Jumlah pemilih pada pemilu presiden 2024 di Azerbaijan mencapai 6.478.623 orang dan terdapat 6.700 TPS. Yang juga dilengkapi dengan peralatan dan teknologi seperti kamera online yang menyiarkan proses pemungutan suara secara langsung.


Tinggalkan Balasan