Pos Sat Kamling Desa Balingasal Padureso Bakal Wakili Polres Kebumen di Tingkat Polda

Pos Sat Kamling Desa Balingasal Padureso Bakal Wakili Polres Kebumen di Tingkat Polda

Kebumen // kilatnusantara.com

Lomba Sat Kamling yang telah dilaksanakan Polres Kebumen beberapa waktu lalu kini telah diumumkan untuk para pemenangnya.

Tampil sebagai juara pertama Sat Kamling Desa Balingasal, Kecamatan Padureso, Kabupaten Kebumen, lalu disusul juara dua Desa Adiwarno, Kecamatan Buayan dan juara tiga Desa Pringtutul, Kecamatan Rowokele.

Kepada para pemenang, Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin melalui Wakapolres Kompol Bakti Kautsar Ali mengucapkan selamat atas partisipasi dan prestasinya dalam mengikuti lomba.

Pos Sat Kamling Desa Balingasal Padureso Bakal Wakili Polres Kebumen di Tingkat Polda

“Kami ucapkan selamat kepada para pemenang. Jadikan lomba ini sebagai motivasi dan gambaran dalam menciptakan situasi kondusif di wilayah masing-masing melalui Sat Kamling yang dilakukan warga,” jelas Kompol Bakti Kautsar Ali.

Pada juara harapan satu Desa Prasutan, Kecamatan Ambal, lalu harapan dua Desa Gemeksekti, Kecamatan Kebumen dan Desa Munggu, Kecamatan Petanahan berada di posisi juara harapan tiga.

Para pemenang berhak mendapatkan trofi, piagam penghargaan dari Kapolres Kebumen serta uang pembinaan.

Penyerahan hadiah diserahkan oleh Wakapolres Kebumen saat pelaksanaan apel pagi rutin di halaman Mapolres, Senin 24 Oktober 2022.

Yang lebih menarik, pemenang juara pertama akan mewakili Polres Kebumen untuk mengikuti lomba di tingkat Polda Jateng di tahun anggaran 2023 mendatang.

Sebelumnya lomba ini diikuti sedikitnya 6 Pos Sat Kamling dari perwakilan Rayonisasi Polsek.

Lomba ini menjadi penting karena untuk meningkatkan ketrampilan warga masyarakat saat melaksanakan ronda malam di tiap-tiap desa sebagai upaya pencegahan gangguan kamtibmas.

Di sisi lain, kelengkapan Pos Sat Kamling juga perlu diperhatikan untuk menunjang kegiatan ronda di tengah masyarakat.

“Ada beberapa kriteria penilaian yang sebelumnya kami lakukan. Namun yang paling penting adalah bagaimana masyarakat faham tugas dan tanggung jawabnya saat melaksanakan ronda malam jika menjumpai gangguan kamtibmas,” ungkap Kompol Bakti Kautsar Ali.

( Arif KN )

Tinggalkan Balasan