Daerah  

26 Siswa SPN Polda Jateng Mengikuti Latihan Kerja di Polres Kebumen Selama Sebulan

26 Siswa SPN Polda Jateng Mengikuti Latihan Kerja di Polres Kebumen Selama Sebulan

Kebumen // kilatnusantara.com

Selama sebulan kedepan, atau dari tanggal 6 November sampai 7 desember 2022, Polres Kebumen menjadi tempat latihan kerja (Latja) Siswa SPN Polda Jateng.

Sebanyak 26 siswa SPN Polda Jateng akan belajar mendalami ilmu kepolisian di Polres Kebumen.

26 Siswa SPN Polda Jateng Mengikuti Latihan Kerja di Polres Kebumen Selama Sebulan

Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin melalui Kabag Sumda Polres Kebumen Kompol Mawakhir mengungkapkan, selama latihan para siswa didampingi Perwira pendamping SPN Polda Jateng, serta personel Polres Kebumen sebagai pemateri.

“Yang dilatihkan meliputi fungsi teknis Sabhara, Lantas, Binmas, Reskrim dan Intelkam,” jelas Kompol Mawakhir, Selasa 8 November 2022.

Lanjut Kompol Mawakhir, latihan kerja yang diberikan kepada siswa bertujuan mendapatkan kesamaan persepsi dan kesamaan tindak tentang materi yang didapatkan di SPN untuk diaplikasikan di Polres.

Kasubsi Penmas Aiptu S Catur Nugraha menambahkan, latihan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman praktis kepada para siswa agar mampu mengaplikasikan dan menerapkan taktik dan teknik pengetahuan yang didapatkan di SPN.

“Jadi sama-sama belajar. Para siswa membawa ilmu fresh dari SPN sedangkan kami di Polres menyajikan ilmu berdasarkan budaya masyarakat Kabupaten Kebumen. Nanti ini dipadukan,” kata Aiptu Catur.

Selain di Polres Kebumen, Latja juga digelar di Polres jajaran lainnya diantaranya eks Polwil Banyumas yang terdiri dari Polres Cilacap Banjarnegara, dan Purbalingga.

Di bawah eks Polwil Kedu, terdiri dari Polres Kebumen, Purworejo, Magelang, Temanggung dan Wonosobo.

Untuk eks Polwil Pekalongan, terdiri dari Polres Brebes, Tegal Slawi, Tegal Kota, Pekalongan Kajen, Pekalongan Kota dan Batang.

Sedangkan untuk eks Polwil Surakarta, terdiri dari Polres Sukoharjo, Boyolali, dan Klaten. Untuk Eks Polwil Semarang yang juga menjadi tempat latihan terdiri dari Polres Kendal, Demak, Salatiga dan Semarang.

Jika tidak ada perubahan, setelah mengikuti Latja, para siswa akan dilantik menjadi anggota Polri berpangkat Bripda pada tanggal 21 Desember 2022 mendatang. Pelantikan sendiri akan dilakukan di SPN Polda Jateng.

Dengan adanya latihan kerja di Polres, diharapkan para siswa akan lebih siap bertugas setelah dilantik nantinya.

( Arif KN )

Tinggalkan Balasan